Desa Terkaya di Belitung Siapkan Sejumlah Program Unggulan, Sektor Pariwisata Salah Satunya

Desa Terkaya di Belitung Siapkan Sejumlah Program Unggulan, Sektor Pariwisata Salah Satunya

Kepala Desa Air Saga Ismanto--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Berstatus sebagai desa terkaya di Kabupaten Belitung, Pemerintah Desa (Pemdes) Air Saga siapkan sejumlah program unggulan.

Air Saga menjadi terkaya dari 42 Desa di Kabupaten Belitung jika dilihat alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023.

Kepala Desa (Kades) Air Saga Ismanto mengatakan, program unggulan itu di antaranya sektor pariwisata, ketahanan pangan, keagamaan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kita berkomitmen untuk memajukan dan  membangun Desa Aik Saga di semua lini terutama sektor pariwisata, keagamaan ketahanan pangan dan SDM," ujar Ismanto kepada Belitong Ekspres Rabu (4/1).

BACA JUGA:Ini Dia Desa Terkaya di Belitung, APBDes 2023 Capai Lebih Dari Rp 3 Miliar

BACA JUGA:Festival Pesona Garumedang 23, Sarana Edukasi Anak Mencintai Keindahan Warisan Geologi Dunia

Berdekatan dengan kawasan kota Tanjungpandan, sektor agrowisata menjadi prospek Desa Air Saga kedepan sangat menjanjikan.

Desa Air Saga memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan, karena Kabupaten Belitung merupakan daerah tujuan wisata.

Oleh sebab itu, Pemdes fokus di sektor pariwisata. Di mana Desa Saga saat ini telah memiliki dua icon destinasi wisata, yaitu Mangrove Suak Parak dan Agro Wisata Sawah.

"Kita juga mendukung program Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Belitung serta mendorong kemajuan UMKM di Desa," kata Ismanto.

BACA JUGA:DPKD: 70 Persen OPD Belitung Patuh Kearsipan

BACA JUGA:Kabar Baik, Jalan Aik Mungkui - Buluh Tumbang Rusak Parah Segera Diperbaiki DPUPR Belitung

Ismanto menambahkan, alokasi APBDes  2023 lebih dari Rp 3 miliar itu, karena luas wilayah dan jumlah penduduk di Desa Air Saga lebih dari 11 ribu jiwa.

Oleh sebab itu, dalam mengelola anggaran, Pemerintah Desa tetap mengacu pada Permendes, Permendagri, Perbup dan Peraturan Kementerian Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: