Bunker Peninggalan Belanda Abad ke 19 Ada di Kabupaten Muba, Panjang Capai 100 Meter

Bunker Peninggalan Belanda Abad ke 19 Ada di Kabupaten Muba, Panjang Capai 100 Meter

Bunker peninggalan Belanda dengan panjang mencapai 100 meter ditemukan di Dusun III, Desa Rantau Kasih, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Muba--(Foto: Hardoni Safriansyah)

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Peninggalan benda bersejarah zaman penjajahan Belanda dulu cukup banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya bunker peninggalan Belanda di Desa Rantai Kasih, Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel).

Penemuan bunker tersebut membuktikan bahwa penjajahan Belanda hampir menyebar di seluruh daerah di Indonesia, tidak hanya di Sunda kelapa dan kota Bandung.

Terletak di Dusun III, Desa Rantau Kasih, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Muba, Bunker Peninggalan Belanda panjangnya mencapai 100 meter. 

Benda bersejarah peninggalan penjajahan Belanda yang diperkirakan aktif pada Abad 19 ini, ditemukan hampir terkubur tanah di lokasi.

BACA JUGA:Nasib Pengembangan KSPN Belitung Dapat Perhatian Khusus, Pj Gubernur Babel Sepakat Dengan 3 Cara

BACA JUGA:Liburan ke Belitung, Ini 5 Rekomendasi Warkop di Kota Tanjungpandan

Untuk lokasi penemuannya mungkin tidak diketahui banyak orang. Sebab, memang tidak dipublikasikan secara luas agar peninggalan bersejarah tersebut tetap aman.

Namun, peninggalan benda bekas penjajahan Belanda di Kabupaten Muda itu salah satu infrastruktur bangunannya hingga sekarang masih ada.

Hardoni Safriansyah Sekretaris POKDARWIS Muba, mengatakan, dirinya bersama tim  pernah menelusuri peninggalan bersejarah di Desa Rantau Kasih ini. 

Pemuda penggiat sejarah budaya di Kabupaten Muba ini mengungkapkan bunker peninggalan zaman Belanda yang diperkirakan sudah ada sejak akhir abad ke 19.

"Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin ini mungkin tidak banyak yang mengetahui penemuan bunker karena minimnya publikasi dan dokumentasi sejarah peninggalan masa kolonial ini," ujar Hardoni dilansir dari Harianmuba.com.

BACA JUGA:Desa Terkaya di Belitung Siapkan Sejumlah Program Unggulan, Sektor Pariwisata Salah Satunya

BACA JUGA:Festival Pesona Garumedang 23, Sarana Edukasi Anak Mencintai Keindahan Warisan Geologi Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: