Pj Gubernur Babel Siapkan Hilirisasi Timah, Ridwan Djamaluddin: Sudah Ada Investor

Pj Gubernur Babel Siapkan Hilirisasi Timah, Ridwan Djamaluddin: Sudah Ada Investor

Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin-Ist-

Ia juga tak menampik, bahwa kunjungan KSP Moeldoko (kemarin, red) juga akan menyerap informasi yang penting bakal dilaporkan kepada pimpinan tertinggi.

"Kita akan sampaikan informasi yang akurat, supaya beliau juga mendapatkan penjelasan, kemudian beliau mengatakan akan melihat kegiatan industri, dan kegiatan budaya. Jadi kita sajikan informasi sehingga jika beliau ditanya presiden, beliau bisa menyampaikan informasi akurat tentang Babel," kata Ridwan.

BACA JUGA:Struktur Sudah Kurang Layak, Jembatan Pilang Bakal Diganti, Begini Penjelasan Kepala Satker BPJN Babel

BACA JUGA:Babel Juga 'Penghasil' Deretan Artis Cantik dan Berprestasi, Nomor 5 dari Belitung

Di internal Pemprov Babel sendiri, ia sudah melakukan pembahasan secara intens terkait pencapaian target investasi dan hilirisasi logam timah di Babel, yang juga diikuti Kapala Kadin RI secara virtual Zoom Meeting, serta perusahaan pengelolaan timah di Babel.

Dirinya mengatakan, tak perlu khawatir, sebab dukungan pemerintah sudah lebih dari cukup dan lebih dari serius untuk mendukung para investor yang ingin berinvestasi di Babel.

Namun dirinya mengatakan ada beberapa hal yang menjadi catatan dalam rapat ini. Pertama, Pemprov. Kep. Babel terlebih dahulu perlu memastikan kawasan industrinya.

"Jadi nanti dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian  dengan didukung oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Pemprov Babel dan dinas terkait. Kita pastikan betul Sadai, Tanjung Ular, dan Suge siap secara fisik infrastruktur dan tata kelolanya, kita sediakan lahannya," ungkapnya.

BACA JUGA:4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

BACA JUGA:Dampak Penyetopan Ekspor Timah, Sekda Babel Khawatir Guncangan ekonomi

"Kedua, nanti hasil pokja ini, kita akan mengundang pelaku langsung untuk membahas secara lebih detail. Kemudian tadi kebijakan-kebijakan termasuk pasokan gas, insentif ini itu, kita tunggu mintanya apa, kita cari jalan keluar," sambungnya.

Kemudian fasilitasi perizinan, lingkungan, amdal dan berharap prosesnya bisa lebih cepat di tingkat kementerian.  

"Walaupun hilirisasi timah dan silika bukan hal mudah, akhir minggu depan akan saya undang lagi untuk membahas tentang kawasan dan bisnis plan, saya akan tindak lanjuti. Kita akan teruskan kegiatan ini, kita akan melangkah maju sesuai hasil," harapnya.

Terpisah, KSP Moeldoko meyakini hilirisasi di Babel akan memberikan dampak perkembangan yang luar biasa. Seperti halnya pengalaman pemerintah pusat di hilirisasi nikel. 

"Pastinya nanti investasi akan berbondong-bondong ke sini (Babel), harapannya ini nanti akan bergerak, hasil yang berlipat-lipat," kata Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelpos.id