4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

Ilustrasi Rupiah--Jawapos.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam (SDA) melimpah. 

Perekonomian Provinsi Babel ditopang dari potensi kekayaan SDA pertanian dan perkebunan, kelautan dan perikanan, pariwisata, industri pengolahan, sektor pertambangan, dan lain-lain.

Sumber kekayaan hasil bumi Provinsi Bangka Belitung dengan 7 kabupaten/kota yang paling dikenal adalah mineral timah. Kekayaan timah sudah dikenal jauh sebelum Babel menginduk dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Seiring perjalanan 22 tahun berdiri sendiri, Provinsi Bangka Belitung terus berkembang dengan memaksimalkan berbagai potensi yang ada. Masing-masing potensi penopang perekonomian terus digenjot 7 Kabupaten/Kota di Babel.

BACA JUGA:Ini Dia Desa Terkaya di Belitung, APBDes 2023 Capai Lebih Dari Rp 3 Miliar

BACA JUGA:Kemenangan Indonesia vs Filipina, Hantarkan Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF 2022

Berdasarkan Buku Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Indonesia, ada 4 daerah di Babel yang terkenal kaya raya. 4 daerah kaya di Babel dilihat dari pendapatan rata-rata atau PDRB.

Nah, berikut ini daftar 4 daerah paling kaya merujuk Buku Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Indonesia yang dikutip BPS. 

1. Kabupaten Bangka Barat

Pertama terkaya adalah Kabupaten Bangka Barat. Tercatat pada 2021, Kabupaten Bangka Barat memiliki pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita warga sebesar Rp74.688.000 per tahun. Itu termasuk sesuatu yang fantastis. 

Bangka Barat dengan ibu kota Kecamatan Muntok tersebut, memiliki jumlah penduduk sebanyak  204.612 jiwa dengan kepadatan penduduk 71 jiwa/km2.[2] pada tahun 2020.

BACA JUGA:Awas Aksi Jambret! Polsek Tanjungpandan Lakukan Penyelidikan, Wanita Hati-Hati Pulang Sendiri Malam Hari

BACA JUGA:Kapal TB Muara Sejati Tenggelam di Perairan Karimata, 4 ABK Terdampar di Tanjung Binga

2. Pangkalpinang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: