Bahaya Bully Bagi Siswa SD dan Cara Pencegahannya

Bahaya Bully Bagi Siswa SD dan Cara Pencegahannya

Ayu Diah Widowaty--

Menyadari hal tersebut, alangkah baiknya apabila guru mampu memberikan kasih sayang dan perhatian secara adil kepada semua siswanya. Anggap sama siswa yang diampu memiliki kedudukan yang sama.

Mengadakan Pertemuan Wali Murid

Pertemuan wali siswa SD bisa jadi ajang bagi guru untuk memberikan penjelasan terkait bahaya tindakan bullying. Selain itu, guru bisa memberikan saran kepada setiap wali murid agar lebih perhatian ataupun peduli dengan siswanya.

Siswa Sekolah Dasar yang mendapatkan perhatian cukup dari kedua orang tua atau wali muridnya akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk menempuh pendidikan di sekolah. Ia juga akan jauh dari tindakan bully, baik itu sebagai pelaku maupun korban.

Terapkan Konsekuensi

Apabila tindakan bully sudah terlanjur terjadi, sebagai guru harus menerapkan konsekuensi bagi pelaku bully. Hal ini dengan tujuan supaya tindakan tersebut tak terulang kembali.

Adapun konsekuensi yang bisa diberikan seperti halnya melaporkannya kepada orang tua. Apabila tidak memberikan efek jera, guru bisa lapor ke pihak eksternal yang kompeten di bidangnya.

Sementara untuk korban bully, bisa diayomi dengan memberikan jaminan perlindungan ekstra. Hal ini akan membuatnya merasa lebih aman, nyaman, dan tenang. Traumanya pun juga bisa perlahan menghilang.

Perhatikan Kelompok Siswa yang Rentan Jadi Korban

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa tindakan bullying seringkali menyerang siswa yang dianggap lemah. Oleh karena itu, guru harus memperhatikan kelompok siswa tersebut.

Misalnya saja siswa Sekolah Dasar yang disabilitas, lemah fisik, pendiam, kurang pergaulan, siswa pindahan, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda lengah karena bisa membahayakan keamanan dan keselamatannya.

Anda juga bisa mendorong siswa tersebut agar berinteraksi lebih aktif kepada teman-temannya. Ingatkan pula kepada semua siswa untuk menyebar kebaikan ataupun hal-hal baik antar sesama.

Tanamkan Rasa Empati

Upaya pencegahan lainnya yang bisa guru lakukan ialah menanamkan rasa empati. Siswa yang memiliki rasa empati tinggi terhadap teman ataupun orang lain akan terhindar dari tindakan bullying.

Berikan Pemahaman Tentang Penggunaan Teknologi yang Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: