Desa Lalang Manggar Sudah Berusia 147 Tahun, 25 November Diusulkan Sebagai Hari Jadi

Desa Lalang Manggar Sudah Berusia 147 Tahun,   25 November Diusulkan Sebagai Hari Jadi

Sarasehan penetapan Hari Jadi Kampung Lalang Manggar yang ditelah disepakati pada tanggal 25 November 1876-Ist-

"Pada bulan Maret 2021 saat kami berkunjung ke perpustaaan Belitung Timur, tanpa sengaja menemukan tulisan tentang perluasan suatu kawasan untuk para pejabat Belanda dan kawasan barak militer. Setelah kami pelajari ternyata tulisan itu tentang lokasi yang berada di bukit Manggar," ungkap Rico.

BACA JUGA:Pemkab Beltim Studi Tiru, Digitalisasi SPBE Dari Sumedang Harus Segera Terealisasi

Dari penelusuran awal tersebut, Rico kemudian menyandingkan dengan tulisan yang ada di buku Belanda tentang Belitung "Gedenk boek jilid 2".

Sekaligus menggali informasi ke beberapa nara sumber dan ternyata tulisan itu adalah suatu bukti tentang pemukiman baru pada saat itu yang ada di Bukit Manggar.

Dari tulisan itu pula sangat berkaitan erat dengan perpindahan mayarakat Kampung bukit Manggar lama ke kampong Lalang.


--

Berdasarkan sumber tulisan yang terlampir di foto 2, tertulis tanggal di buatnya tulisan itu yaitu tertanda pada 25 Nopember 1876.

Dari sumber tulisan ini dan bukti yang ada, alangkah kiranya bukti tersebut dapat dijadikan pedoman  penetapan hari jadi Desa Lalang. Yaitu pada tanggal 25 Nopember 1876 sesuai dengan tulisan yang terlampir.

"Semoga usulan ini menjadi bahan pertimbangan pada penetapatan hari jadi desa Lalang," ulasnya.

Ketua BPD Lalang, Saparudin mengatakan Desa Lalang memang merupakan sebuah permukiman yang sudah cukup lama.

Kuatnya pendapat tersebut karena banyak bukti sejarah berupa bangunan tua dan rumah-rumah pejabat di masa kolonial Belanda maupun PT Timah.

Berangkat dari pendapat tersebut, BPD Lalang bersama Pemerintah Desa Lalang mulai menelusuri dan mengadakan sarasehan soal penetapan Hari Jadi Desa Lalang. 

BACA JUGA:Prestasi Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin Diganjar Penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif AKSI 2022

"Kami menindaklanjuti sekian lama sejak tahun 2022 kemarin. Saya berfikir alangkah ruginya kalau tidak dilanjutkan. Jadi saya mengambil inisiatif untuk diadakan rembuk dan disepakati dalam waktu tidak terlalu lama," ujar Saparudin.

Dikatakan Saparudin, meskipun sudah ada tanggal yang ditetapkan sebagai Hari Jadi Desa Lalang, masyarakat masih diberi kesempatan untuk memberi masukan. Namun, ia yakin bukti yang telah disiapkan sangat kuat dan didukung masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: