Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Ayu Diah Widowaty--

Maraknya permainan lato-lato ini sudah sampai ke berbagai macam pelosok nusantara, baik di daerah perkotaan maupun daerah pedesaan sekalipun. Banyaknya anak-anak yang memainkan lato-lato membuat di mana saja kita mendengar suara lato-lato yang dimainkan. 

Meskipun, sebagian besar orang menganggap jika permainan ini sangat mengganggu dan berisik suaranya, namun permainan ini memiliki sejumlah manfaat yang perlu Anda tahu. Adapun manfaat memainkan lato-lato untuk anak antara lain adalah sebagai berikut:

Menumbuhkan Sikap Pantang Menyerah dan Terus Berlatih

Tanpa kita sadari permainan lato-lato akan menuntut seorang anak untuk bisa berpikir bagaimana cara agar 2 bola tersebut dapat terbentur tanpa berhenti dalam waktu yang cukup lama.

Pada saat bermain, anak-anak mungkin akan menghadapi suatu kegagalan dalam permainan tersebut. Akan tetapi, melalui kesalahan dan kegagalan kecil yang mereka hadapi tersebut, anak-anak bisa belajar dari orang lain untuk bisa memperoleh keberhasilan dalam memainkan permainan tradisional tersebut.

BACA JUGA:Generasi Muda Dalam Lingkaran Rasisme

Dengan begitu, permainan ini bisa menanamkan atau mengolah sikap seorang anak menjadi pantang menyerah. Sang anak juga akan belajar jika satu kali gagal tidak berarti akan mengalami kegagalan selamanya.

Selama mau terus belajar, terus mencoba dan pantang menyerah, maka kesuksesan bukanlah hal yang mustahil untuk mereka dapatkan.

Permainan lato-lato ini juga membuat anak untuk tidak malu belajar dari orang lain. Sebab hal tersebut merupakan salah satu cara yang bisa mereka lakukan untuk mencapai suatu keberhasilan yang diinginkan. 

Melatih Kesabaran

Jika dilihat permainan lato-lato memang simple, namun untuk memainkannya tidak semudah yang kita bayangkan. Anak-anak membutuhkan fokus yang cukup ketika ingin membenturkan bola bola tersebut tanpa terjeda.

Ketika gagal permainan ini tidak akan berhenti begitu saja. Biasanya anak-anak akan tetap melanjutkan permainan tersebut sampai mereka bisa berhasil memainkannya. Mereka akan terus berusaha agar bisa memiliki kemampuan seperti orang lain yang sudah sukses memainkan permainan ini. 

Jadi, anak-anak yang memainkan permainan ini dituntut untuk sabar dan terus mencoba hingga mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Bisa Mengoptimalkan Gerak Motorik

Anak-anak yang bermain lato-lato juga bisa mendapatkan manfaat lain yaitu bisa mengoptimalkan gerak motorik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: