Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Ayu Diah Widowaty--

Pada saat sedang memainkan lato-lato, seorang anak akan dipaksa untuk menggerakan tangan serta menyesuaikan kekuatan tangannya agar bisa menciptakan permainan yang memuaskan. 

Jadi, dengan memainkan permainan ini seorang anak bisa terlatih kemampuan tangan dan lengan. Bahkan juga bisa melatih koordinasi mata sang anak.

Perlu Anda ketahui, melalui gerakan-gerakan dalam bermain lato-lato, seorang anak bisa melatih gerak motoriknya. Nah, latihan gerakan motorik ini penting sekali untuk tumbuh kembang sang anak. 

Mengalihkan kecanduan HP

Sebelum viralnya permainan lato-lato ini, biasanya anak-anak akan menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Baik itu untuk melihat video di YouTube ataupun bermain game-game yang ada di HP.

BACA JUGA:Peta Mutu Sekolah

Seorang anak yang sering menghabiskan waktu dengan ponselnya maka bisa berdampak buruk terhadap kondisi psikis dan juga kesehatannya. Dengan begitu anak menjadi malas belajar dan malas melakukan aktivitas lainnya. Parahnya lagi kecanduan gadget bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Viralnya lato-lato ini membuat sebagian besar anak menjadi beralih memainkan permainan tradisional ini dan meninggalkan gadgetnya.

Dari segi ini manfaatnya cukup positif, karena anak tidak akan kecanduan gadget lagi. Dengan hadirnya permainan lato-lato ini, sang anak bisa banyak berinteraksi dengan orang lain dan bisa bermain bersama teman-temannya.

Dampak Demam Lato-lato bagi Anak SD

Hadirnya permainan lato-lato untuk anak-anak ini memang memiliki sejumlah manfaat. Namun di balik manfaat tersebut viralnya permainan ini juga memberikan dampak negatif. Salah satunya yaitu menimbulkan polusi suara di berbagai macam tempat.

Sebab berdasarkan pengalaman, sejak permainan ini viral di media sosial, banyak sekali anak-anak yang memainkan permainan ini. Mereka memainkan lato-lato tanpa melihat tempat dan waktu. Banyak anak-anak yang memainkan lato-lato di berbagai macam fasilitas umum.

Bahkan, banyak anak yang membawa dan memainkan latulato di masjid,  rumah sakit,  tempat wisata,  pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.  Parahnya lagi,  sekarang ini banyak anak-anak SD yang membawa dan memainkan lato-lato di sekolahan mereka.

Selain suara berisik yang ditimbulkan oleh benturan dua buah lato-lato, membawa mainan ini ke sekolah tentunya bisa mengganggu aktivitas belajar mengajar siswa-siswi.

Biasanya anak-anak ini membawa permainan lato-lato saat sekolah dengan tujuan supaya bisa bermain bersama dengan temannya. Namun ini bisa mengganggu proses belajar mengajar sang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: