Industri Primadona Dunia, Minyak Atsiri dari Pohon Sapu-sapu Bakal Dikembangkan di Babel

Industri Primadona Dunia, Minyak Atsiri dari Pohon Sapu-sapu Bakal Dikembangkan di Babel

Industri minyak atsiri bakal dikembangkan di Provinsi Bangka Belitung (Babel)--Diskominfo Babel

"Jadi langkah yang kita lakukan bukan hanya sekedar penghijauan," pungkas Ridwan Djamaluddin yang juga menjabat Dirjen Minerba Kementerian ESDM tersebut.

Senada halnya juga disampaikan Komisaris Utama MIND ID Doni Monardo. Dia menyiratkan bahwa lambat laun mineral pertambangan akan habis.

BACA JUGA:Ketua DPRD Beltim Sayangkan Banyak Ritel Modern Berdiri Dekat Pemukiman, Berpotensi Matikan Warung Kecil

BACA JUGA:Burhanudin Paparkan Capaian Prestasi di Momen HUT ke-20 Kabupaten Beltim, Apa Saja?

Maka dari itu, pihaknya merancang program untuk mereklamasi lahan bekas tambang guna diolah menjadi lahan yang memiliki nilai potensi ekonomi.

Doni Monardo mengatakan, khusus di Provinsi Babel ia melihat potensi dari pohon sapu-sapu yang banyak terdapat di wilayah Belitung. 

Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif untuk berkolaborasi dengan Pemprov Babel. Mereka akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa mesin penyulingan untuk menghasilkan minyak atsiri.

"Tadi juga disampaikan bahwa harga 1 kilogram minyak atsiri itu Rp 300 ribu, pembelinya sudah ada, dan akan diekspor ke Eropa. Ini yang menjadi pertimbangan kami," kata Doni Monardo.

Kata dia, MIND ID selalu berkomitmen untuk senantiasa menjaga aspek keselamatan lingkungan di masa mendatang dengan cara menjaga keseimbangan dan kesinambungan ekosistem. 

BACA JUGA:Beliadi Respon Capaian Pemkab di Usia 20 Tahun Beltim: Biarlah Publik yang Menilai

BACA JUGA:Pemkot Pangkalpinang Raih Penilaian Opini Kualitas Tinggi dari Ombudsman RI

"Sehingga mari kita bangun bangsa kita dengan memberikan literasi bahwa lebih banyak aktvitias yang bisa dilakukan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, bukan hanya pertambangan. Kasihan dengan anak cucu kita di masa depan," ujarnya.

Paket program kolaborasi CSR Group MIND ID dalam mengembangkan potensi minyak atsiri yang diberikan kepada Pemprov Babel berupa mesin penyuling minyak atsiri.

Mesin penyuling minyak atsiri berkapasitas 1 ton termasuk instalasi dan pelatihan, pembangunan tempat mesin penyulingan dan gudang penyimpanan, motor gerobak, dan modal kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelprov.go.id