Pemkab Belitung Lobi 2 Maskapai, Layani Penerbangan Internasional, Februari Citilink Mulai Terbang

Pemkab Belitung Lobi 2 Maskapai, Layani Penerbangan Internasional, Februari Citilink Mulai Terbang

Wakil Bupati Belitung, Isyak Mairobie--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung sangat menginginkan penerbangan internasional ke Bandara H. AS Hanandjoedin Tanjungpandan.

Makanya, saat Pemkab Pemkab sedang melobi 2 perusahaan maskapai untuk melayani rute penerbangan internasional ke bandara udara (bandara) di Belitung.

Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Isyak Meirobie mengatakan pihaknya terus melakukan penjajakan ke sejumlah maskapai guna membuka rute penerbangan internasional langsung (direct flight) dari dan menuju Belitung.

"Kami akan melobi dua maskapai Batik Air dan Lior Air untuk melayani rute penerbangan internasional ke Belitung," kata Isyak Meirobie kepada Belitong Ekspres, Selasa (31/1/2023).

BACA JUGA:Pertama di Belitung, Resto & Cafe The Edge Belitung Island Sajikan Menu Khas Dunia

BACA JUGA:WBP Lapas Tanjungpandan Dapat Pelatihan Kerja, Bekal Keterampilan Setelah Bebas

Menurut Isyak, Pemkab Belitung sangat menginginkan adanya kembali rute penerbangan internasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Belitung.

"Namun tergantung Kemenko Marves dan Kementerian Perhubungan kalau kami pada dasarnya memang menginginkan ada penerbangan internasional," jelasnya.

Selain itu, Isyak menyebutkan, sembari menanti hadirnya penerbangan internasional, pihaknya saat ini membangun rute penerbangan yang saling terhubung (connecting flight) dari Singapura ke Belitung.

Mulai Februari 2023 maskapai Citilink akan melayani penerbangan dari Singapura, Jakarta dan Belitung. Ia meyakini, rute ini akan memudahkan wisatawan dari mancanegara terutama Singapura untuk menuju Belitung via Jakarta.

BACA JUGA:Ngupi Kun Dewan', DPRD Belitung Bangun Sinergi dengan Dindikbud

BACA JUGA:Pemkab Belitung Adakan Rakor Percepatan Penurunan Stunting

"Memang tidak "direct flight" namun transit via Jakarta akan tetapi tidak perlu turun pesawat dan menunggu lama langsung ke Belitung," kata Wabup Isyak.

Kemudian ia juga menyebutkan, strategi pariwisata Belitung di tahun 2023 adalah menawarkan sektor "sport tourism" dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: