Pemprov Babel Pindah Rekening dari Bank SumselBabel, Seluruh ASN/Honorer Diminta Buat Rekening BRI

Pemprov Babel Pindah Rekening dari Bank SumselBabel, Seluruh ASN/Honorer Diminta Buat Rekening BRI

Ilustrasi Bank BRI--(JawaPos.com)

PANGKALPINANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID -  Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka  Belitung (Pemprov Babel) memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank SumselBabel.

Saat ini hampir seluruh keuangan APBD Pemprov Babel sudah berpindah yang sebelumnya dari Bank SumselBabel ke Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Bank BRI sudah resmi ditunjuk untuk menampung kas umum Pemprov Babel menggantukan Bank SumselBabel lewat MoU atas layanan dan jasa perbankan.

Pemindahan RKUD dikuatkan dengan Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/95/BAKUDA/2023 tentang penunjukan kantor cabang PT BRI Tbk Pangkalpinang sebagai sebagai Bank Operasional Kas Umum Pemprov Babel.

BACA JUGA:Peringatan Presiden Jokowi, Para ASN 'Diharamkan' Pamer Kekayaan di Media Sosial

BACA JUGA:Tujuh Terdakwa Kasus Korupsi Kredit Fiktif BPRS Babel Divonis Penjara

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Haris mengatakan, pemindahan RKUD ini sudah berdasarkan segala pertimbangan.

Alasannya, lebih ditekankan pada upaya meningkatkan mutu pelayanan maupun upaya meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari jasa perbankan.

Selain itu, guna memberikan kemudahan bertransaksi di luar daerah seiring dengan penerapan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD).

Menurut M Haris, pemindahan RKUD adalah hal yang bisa saja terjadi dan untuk kesekian kalinya Pemprov Babel melakukan pemindahan RKUD. 

Di awal pembentukan pemerintahan ini RKUD dikelola Bank Mandiri sampai dengan tahun 2003 kemudian beralih ke Bank Sumsel sampai dengan tahun 2005.

BACA JUGA:Aktivitas Tambang Timah Ilegal Rambah Pantai Kuale Tambak, Kelompok Nelayan Beltim Melapor

BACA JUGA:Ketua DPRD Babel Tegaskan Tidak Ada Intervensi Penentuan 3 Nama Pj Gubernur

“Setelah itu kembali lagi ke Bank Mandiri sampai tahun 2008 dan pindah lagi ke Bank Sumsel-Babel sampai (Maret) tahun 2023,” kata M Haris kepada wartawan, Jumat (10/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelpos.id