Pemkab Belitung Akselerasi Layanan RSUD Dengan Pemenuhan Kebutuhan Dokter Spesialis

Pemkab Belitung Akselerasi Layanan RSUD Dengan Pemenuhan Kebutuhan Dokter Spesialis

Rapat akselerasi pelayanan pasien RSUD dr H Marsidi Judono di ruang rapat Bupati Belitung, Rabu (29/3/2023)--

"Termasuk harus punya emergency plan, jangan sampai orang tidak bisa masuk ruang rawat inap karena pasien penuh," sebut Wabup Isyak.

Setelah Ramadan, ia pun memberikan masukan agar menyediakan minuman sehat untuk orang yang antre. Juga ada petugas prioritas yang mengenakan rompi yang bertugas mendahulukan pelayanan terhadap lansia dan disabilitas. 

Termasuk ada relawan digital yang membantu pasien atau keluarga pasien untuk mendaftar secara online. Kemudian ia  juga berharap, agar RSUD Marsidi Judono Belitung dapat mengantisipasi penuhnya kamar pasien, sehingga ada alternatif lain.

"Rumah sakit harus punya emergency plan jangan sampai ruang opname penuh mohon dilakukan perencanaan dengan baik jangan sampai kita meletakkan pasien di UGD karena kita harus menyelamatkan nyawa agar tidak ada orang yang telantar," tandasnya.

BACA JUGA:Penyalahgunaan Narkoba, Nizar Didakwa JPU Kejari Belitung Didakwa Pasal Berlapis

Sementara itu, Direktur RSUD Marsidi Judono dr Ratih Lestari Utami MMR mengatakan akan melakukan pemetaan kebutuhan SDM dokter spesial dan subspesialis.  Termasuk apoteker sesuai standar yang harus dipenuhi jika mengejar rumah sakit tipe B.

Menurut Ratih, terkait pelayanan, menurutnya inovasi pendaftaran secara daring atau online kini jumlah penggunanya terus meningkat dalam periode Januri-Maret.

Namun, meskipun sudah ada aplikasi online, pendaftaran manual masih tersedia. "Dalam aplikasi Simino ini, sudah terdapat jadwal dokter sehingga memudahkan pasien," katanya. 

Ia melanjutkan, pihaknya pun telah memasang informasi yang memuat kontak layanan aduan ke Besadu atau Belitung Saluran Aspirasi yang ditempelkan di IGD, poli pendaftaran, dan kotak saran. 

Sementara buat pengadaan relawan digital, nantinya akan dilakukan koordinasi lebih lanjut untuk penyediaan SDM di luar dari SDM rumah sakit. 

BACA JUGA:Semua OPD di Belitung Didorong Gunakan Aplikasi Srikandi

Selain itu, pihaknya juga sudah menambah kapasitas internet di RSUD sehingga memudahkan dalam melakukan registrasi dan pelayanan kepada masyarakat terutama untuk mengurangi antrean. 

"Kami juga sudah siapkan display baik jadwal dokter dan hari praktiknya, kami juga sudah menyiapkan zona WiFi bagi masyarakat yang ingin mendaftar online namun tidak ada paket jadi bisa menggunakan WiFi zone," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: