Ribuan Pejalan Kaki Membludak Saat Mudik Lebaran 2023, Mobil Justru Lengang

Ribuan Pejalan Kaki Membludak Saat Mudik Lebaran 2023, Mobil Justru Lengang

Suasana arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar), terlihat membludak Rabu (19/4/2023)--

MUNTOK, BELITONGEKSPRRES.CO.ID - Arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijirah atau 2023 di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar), terlihat membludak Rabu (19/4).

Terpantau selain kendaraan bermotor, terlihat ribuan pejalan kaki memenuhi kawasan pelabuhan. Tampak ribuan orang rela berdesak-desakan saat masuk kapal Pelabuhan Tanjung Kalian.

Kondisi terbalik justru di buffer zone. Kendaraan pribadi yang ingin menyeberang terlihat lenggang, bahkan mobil yang antre di area buffer zone hanya sekitar puluhan unit.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Tanjung Kalian, BPTD wilayah 7 Provinsi Sumsel-Babel, Wiratno mengatakan dengan kepadatan yang ada ini sudah sebanyak 16 trip diberangkatkan dari pelabuhan tersebut.

“Satu kali 24 jam pada kemarin jumlah kapalnya 16 trip untuk jumlah penumpang 5.346 jiwa kemudian jumlah kendaraan campuran 1.119 unit,” ungkap Wiratno dikutip dari Antara.

Bahkan Wiratno memprediksi untuk hari ini jumlah trip bakal bertambah melihat kondisi penumpang di pelabuhan yang menumpuk.

BACA JUGA:Kamis Pemantauan Hilal di Tanjungpendam, Penentuan Idul Fitri 1444 Hijriah

“Di prediksi hari ini juga bisa sama seperti kemarin (trip) atau bisa juga nambah menjadi 17 trip tapi maksimal kan untuk kapal-kapal besar kita melihat penumpangnya hari ini luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Wiratno menyebutkan masing-masing kapal kapasitas yang bisa menampung kendaraan maupun penumpang bervariasi.

“Kalau kapal itu masing-masing ukurannya berbeda-beda jadi tergantung, yang paling kecil 80 penumpang, yang maksimal bisa 500 orang seperti kartika 8,” tandasnya.

Di sisi lain, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, juga meninjau arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Tanjung Kalian.

Peninjauan yang dipimpin langsung Pj Gubernur Bangka Belitung (Babel), Suganda P Pasaribu  guna memastikan arus mudik di pelabuhan tersebut berjalan aman, lancar dan tertib.

BACA JUGA:104 Nuje di Tanjungpandan Dapat Bantuan dari Baznas Belitung

Ia mengatakan kegiatan mudik Lebaran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan pihaknya bersama Forkopimda telah melakukan koordinasi ke semua pihak guna mempersiapkan agar arus mudik lancar dan pemudikpun merasa aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: