Siap-Siap! Seleksi PPPK Guru 2023 Segera Dibuka, Kemendikbudristek Butuh Lebih dari 600 Ribu Guru

Siap-Siap! Seleksi PPPK Guru 2023 Segera Dibuka, Kemendikbudristek Butuh Lebih dari 600 Ribu Guru

Ilustrasi seleksi PPPK Guru--jpnn.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) hingga saat ini masih kekurangan tenaga guru.

Karena itu, Kemendikbudristek menyediakan lebih dari 600 ribu kuota dalam pembukaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru pada tahun 2023 ini. 

Kabar baiknya, rekrutmen seleksi PPPK guru 2023 dalam waktu dekat ini akan segera dibuka. Terkait pembukaan seleksi PPPK guru 2023 tersebut, pihak Kemendikbudristek sudah berkoordinasi dengan KemenPAN-RB.

"Mengenai seleksi PPPK guru 2023, kami sudah melakukan rapat bersama MenPAN-RB bahwa siap melaksanakan seleksi dalam waktu tidak lama lagi,"  kata Dirjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani dilansir dari jpnn.com, Senin (8/5/2023).

Nunuk Suryani mengatakan, pemerintah telah menyiapkan ratusan ribu kuota pada seleksi PPPK guru 2023. Maka dari itu pemerintah daerah dminta tidak perlu khawatir. 

BACA JUGA:Ramai Protes Gugur Massal Tes PPPK Teknis 2022, BKPSM Siap Fasilitasi Keluhan PTTI

BACA JUGA:Daftar Gaji PPPK Guru, Tertinggi Rp 6,7 Juta Ditambah Tunjangan

"Kami mempunyai kebutuhan 600 ribu (PPPK guru, red). Tetapi, sampai kemarin baru 266 ribu formasi yang diusulkan oleh pemerintah daerah (pemda)," ungkap Nunuk.

Tak hanya itu Nunuk juga menyampaikan terkait penggajian PPPK guru. Ia mengimbau pemerintah daerah tidak perlu khawatir untuk mengusuulkan formasi PPPK guru tersebut.

"Kami sangat berharap pemerintah daerah bisa mengusulkan formasinya, karena anggarannya telah dijamin dalam dana alokasi umum (DAU). Sudah dialokasikan untuk 600 ribu orang," harap Nunuk.

"Pemerintah tinggal mengangkat. Jika sudah diangkat maka DAU tinggal ditransfer ke pemerintah daerah masing-masing," sambung Nunuk. 

BACA JUGA: Fenomena Gugur Massal Tes PPPK Teknis 2022, PTTI Beltim Minta Evaluasi Menyeluruh

BACA JUGA:Baru Rilis! Dapat 500 Ribu, APK Penghasil Saldo Dana 2023 Tercepat Sejagat, Kumpulkan Koinnya!

Hingga saat ini sebanyak 600 ribu lebih kuota PPPK guru disediakan pada seleksi 2023. Namun, pemerintah daerah baru mengusulkan 266 ribu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com