Jangan Lengah Anggap Covid-19 Sudah Punah, Kemenkes Genjot Vaksinasi Booster Kedua

Jangan Lengah Anggap Covid-19 Sudah Punah, Kemenkes Genjot Vaksinasi Booster Kedua

Ilustrasi Covid-19 --

Dalam kurun waktu dua minggu terakhir diungkap Syahril, Indonesia dikagetkan tren peningkatan kasus konfirmasi Covid-19, kasus aktif, dan perawatan pasien di rumah sakit. 

Bahkan konfirmasi penyebaran Covid-19 pernah mencapai lebih dari 2.600 kasus dalam beberapa pekan sebelumnya.

Di sisi lain sekitar 30 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap maupun booster serta didominasi oleh lansia.

Namun hampir separuh pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit belum mendapatkan vaksinasi.

Oleh karena itu, dokter Syahril meminta agar pencabutan status darurat kesehatan untuk Covid-19 tidak menimbulkan euforia yang berlebihan di masyarakat.

BACA JUGA:Manfaat Ketumbar Coklat untuk Hilangkan Rambut Uban jadi Hitam dengan Cepat dan Permanen

BACA JUGA:Redakan Batuk PIlek dengan Ramuan Tradisional ala dr Zaidul Akbar

Ia mengingatkan kepada masyarakat terutama pada kelompok lansia dan pasien yang memiliki penyakit resiko tinggi diwajibkan untuk vaksinasi.

''Kelompok lansia dan pasien dengan penyakit penyerta masih memiliki resiko paling tinggi, sehingga vaksinasi harus tetap dilakukan,'' ucap Syahril.

Menurutnya, pemberian booster sekaligus jalan untuk mempercepat transisi emergensi yang saat ini tengah dilakukan Indonesia menyusul pencabutan status kegawatdaruratan kesehatan global untuk Covid-19 oleh WHO.

Untuk itu, pemberian vaksinasi dosis booster kedua harus segera dilakukan karena permintaan yang banyak dari masyarakat, saat ini pemulihan ekonomi masyarakat juga sudah berkembang dengan membaik, begitu pula dengan mobilitas dari masyarakat.

''Pemberian booster juga menjawab permintaan masyarakat untuk penyediaan vaksin dosis booster kedua mengingat pemulihan ekonomi yang berjalan cepat dan mobilitas masyarakat yang meningkat,'' tandas dr Syahril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id