Dinas Pariwisata Belitung Optimis Wisata Kulong Purun Mampu Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Dinas Pariwisata Belitung Optimis Wisata Kulong Purun Mampu Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Wahana pemandian di destinasi wisata Kulong Purun di Desa Air Merbau, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung--(babel.antaranews.com/Apriliansyah)

BEITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN – Kabupaten Belitung kini memiliki destinasi tempat wisata baru bernama Kulong Purun di Desa Air Merbau, Kecamatan Tanjungpandan.

Pemerintah Desa Air Merbau meresmikan tempat wisata itu, yang ditandai dengan acara Festival Kulong Purun sekaligus deklarasi Open Defecation Free (ODF) 2023.

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, optimis kehadiran destinasi wisata Kulong Purun di Desa Air Merbau, mampu membangkitkan perekonomian masyarakat setempat.

“Dengan adanya destinasi ini akan banyak kegiatan ekonomi masyarakat yang bisa dibuka di sini (Kulong Purun),” ujar Kepala Dinas Pariwisata Belitung Annyta seperti dilansir Antara, Sabtu (20/5/2023).

Ia mengapresiasi kehadiran destinasi wisata Kulong Purun dibangun oleh pemerintah desa beserta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Air Merbau.

“Saya mengapresiasi sekali kekompakan kepala desa dan Pokdarwis Air Merbau yang telah membuat situasi harmonis,” ucap Annyta.

BACA JUGA:Destinasi Baru Belitung, Wisata Kulong Purun Dibuka, Ada Pemandian Hingga Wahana Permainan Anak

BACA JUGA:Gedung Food Court Kuliner Tematik Pertama Dibangun di Belitung, Terintegrasi dengan JPO

Destinasi wisata Kulong Purun kata dia, sejalan dengan program inovatif Bupati dan Wakil Bupati Belitung. Yakni “one village, one destination” (satu desa satu destinasi wisata).

Ada 9 spot yang menjadi Wisata Kuong Purun. Mulai dari wahana pemandian, kolam pemancingan, spot foto selfi Instagrammable, wahana permainan anak-anak dan lain sebagainya.

“Bupati Belitung selalu mengingatkan dan mengatakan berulang kali agar satu desa satu destinasi wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung.

Karena itu, Annyta berharap agar destinasi wisata Kulong Purun dapat ditambah dengan daya tarik lainnya sehingga lebih dapat ramai dikunjungi oleh masyarakat. “Bisa dengan adanya pemancing dan lebih banyak atraksi lain,” harapnya.

Menurut Annyta, destinasi wisata Kulong Purun sudah memiliki karakteristik tersendiri dengan menawarkan spot bermain air bagi para anak-anak.

“Spot mandi dan main air bagi anak-anak di sini menjadi ciri khas yang ditawarkan apalagi jaraknya tidak terlalu jauh masih di kota Tanjungpandan,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara