Kuota Jemaah Haji Belitung Timur Sedikit, Eka Budiartha: Terkesan Tidak Adil

Kuota Jemaah Haji Belitung Timur Sedikit, Eka Budiartha: Terkesan Tidak Adil

Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Eka Budiartha -Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Eka Budiartha menyoroti kuota jemaah Haji di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Eka Budiartha berharap kuota jemaah haji asal Belitung Timur tahun 2023 bisa sama dengan kabupaten lainnya di Provinsi Kepulauan Babel.

Pasalnya, tahun 2023 Beltim hanya mendapatkan 26 kuota calon jemaah haji dan itu paling sedikit dibanding kabupaten dan kota di Babel lainnya.

“Beltim itu sangat sedikit kuota hajinya, padahal banyak calon jemaah yang nunggu juga dan bahkan ada beberapa yang menyampaikan kepada saya,” kata Eka Budiartha kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Menurut Eka Budiartha, Kantor Kemenag Beltim dan Kanwil Kemenag Babel harus memperjuangkan kuota haji jemaah Beltim itu sangat sampai sangat jauh perbedaannya.

BACA JUGA:Reses di Desa Lintang, Eka Budiartha Serap Banyak Aspirasi Masyarakat

BACA JUGA: Eka Budiartha: Pemanfaatan Ruang Laut Harus Sesuai Dengan Alokasi Perda RZWP3K

Bahkan, tahun 2023 ini Kabupaten Belitung mendapatkan 112 kuota jemaah haji sedangkan Belitung Timur hanya 25 orang.

“Banyak jemaah yang sudah nyetor itu, harus menunggu terlalu lama, apalagi banyak lansia saat ini,” jelas politisi Partai PBB itu.

Eka melihat, jika hanya mendapatkan kuota sejumlah 26 orang , terkesan tidak adil, jika dibanding daerah di Babel lainnya. Padahal calon jemaah haji Beltim juga cukup banyak.

Maka ia berharap, pada tahun 2024 mendatang kuota jemaah haji di Kabupaten Beltim agar disamakan dengan daerah di Babel lainnya.

“Jika kuota itu dihitung dengan rasio jumlah penduduk atau peserta yang ngajukan itu sangat jauh perbedaan dan diharapkan agar lebih realistis,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: