Siswa SMAN 1 Manggar Kembali Dipanggil Istana, Kebanggaan di Hari Lahir Pancasila

Siswa SMAN 1 Manggar Kembali Dipanggil Istana, Kebanggaan di Hari Lahir Pancasila

Menjadi kebanggaan keluarga besar SMAN 1 Manggar, Abi Fadilla Ramadhan dipanggil untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera upacara Hari Lahir Pancasila di istana negara-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Siswa SMAN 1 Manggar, Abi Fadilla Ramadhan kembali dipanggil istana negara untuk mengibarkan bendera di Upacara Hari Lahir Pancasila.

Abi Fadilla Ramadhan Paskibraka Nasional asal Kabupaten Belitung Timur ini dipanggil istana melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan nomor surat bertanggal 15 Mei 2023. 

Menjadi kebanggaan keluarga besar SMAN 1 Manggar, Abi dan rekan Paskibraka Tingkat Pusat tahun 2022 dipanggil untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera di istana negara.

Tak hanya bagi pihak sekolah, Abi juga membanggakan Kabupaten Belitung Timur serta provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada umumnya. 

Pemusatan latihan kembali untuk pengibaran bendera bagi Abi dan paskibraka nasional lainnya dimulai pada tanggal 23 Mei 2023 sampai nantinya berakhir setelah upacara pada tanggal 03 Juni 2023.

BACA JUGA:Lukisan Beripat Beregong Siswi SMAN 1 Manggar Bikin Takjub Pengunjung Festival Timor De Belitong

Seluruh aktivitas pemusatan tersebut bertempat di  Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Hal ini sesuai dengan surat  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila nomor 1102/PE/05/2023/D5.

Berbeda dengan pengibaran bendera pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, upacara peringatan hari lahir Pancasila kali ini bertempat di Monumen Nasional (MONAS). 

Saat ditanya bagaimana perasannya, Abi mengaku sangat bersyukur dapat menjadi bagian sejarah peringatan hari lahir pancasila.

Kesempatan yang berharga itu merupakan sejarah baru bagi hidupnya. Sebab ia dapat menjadi bagian dari upacara, di mana ideologi bangsa serta pandangan hidup masyarakat Indonesia lahir.

"Saya sangat bersyukur karena ini adalah kali kedua kami mendapatkan tugas mengibarkan bendera di depan presiden dan tamu undangan penting lainnya," ungkap Abi.

Tidak hanya itu, siswa kelas XI ini juga menceritakan awal mulanya ia dipanggil kembali. Sebelumnya paskibraka Nasional 2022 mendapatkan panggilan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Babel Apresiasi Bulan Merdeka Belajar SMAN 1 Manggar

Hal ini tercantum dalam Perpres No 51 tentang Paskibraka yang berbunyi paskibraka akan dilantik menjadi duta Pancasila Paskibraka Indonesia setelah bertugas mengibarkan sang Merah Putih tertanggal 1 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar