Luar Biasa! Anaura Marfirsta Wakili Bangka Belitung Ikuti Seleksi Duta SMA Tingkat Nasional 2023

Luar Biasa! Anaura Marfirsta Wakili Bangka Belitung Ikuti Seleksi Duta SMA Tingkat Nasional 2023

Anaura Marfirsta, Siswi SMAN 1 Manggar Wakili Bangka Belitung Ikut Seleksi Duta SMA Tingkat Nasional 2023-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Siswa SMAN 1 Manggar, Anaura Marfirsta wakili Bangka Belitung (Babel) mengikuti seleksi Duta SMA tingkat Nasional 2023 di Mercure Convention Centre Ancol Jakarta.

Anaura Marfirsta mengikuti seleksi Duta SMA tingkat Nasional dari 5-8 September 2023, Setelah resmi menjadi Duta SMA Kemdikbud-Ristek dari Bangka Belitung.

Direktorat SMA Kemdikbud-Ristek RI melakukan proses mulai dari administrasi, esai dan wawancara dan memilih 74 siswa terbaik sebagai Duta SMA dari 37 provinsi di Indonesia.

Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan mulai Juli sampai demham Agustus 2023 melalui 2 tahap seleksi untuk sampai di level Duta SMA tingkat provinsi.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Pinjaman Online Rp 25 Juta Tanpa Jaminan, Proses Cepat

Duta SMA ini merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat SMA sejak tahun 2022 dengan tujuan untuk menjaring peserta didik yang memiliki karakter Pelajar Pancasila.

Mampu menjadi pemangku kepentingan, dan role model yang memiliki three core value (sinergi, mandiri, aktif) bagi teman sebaya dalam bidang pendidikan.

Diharapkan Duta SMA mampu menginspirasi, memotivasi, dan mendorong kolaborasi untuk memajukan pendidikan di Indonesia, serta dapat mempromosikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Pada tahap 1 seleksi Duta SMA ini, peserta mengirimkan Curriculum Vitae (CV) sebagai seleksi administrasi. Pada tahap 2, peserta yang lolos administrasi mengikuti seleksi karya tulis (esai) dengan tema yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Siswa SMAN 1 Manggar Wakili Bangka Belitung Dalam Fotografi FELSI 2023

Anaura mengambil tema judul “Eksistensi Duta Sekolah dan Klub Anti Perundungan, Intoleransi dan Kekerasan Seksual Guna Melepas Belenggu Tiga Dosa Besar di Dunia Pendidikan”.

Dalam tahap 2 ini pula, siswi SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) itu, juga mengikuti seleksi wawancara daring dari tim seleksi Direktorat SMA.

Anaura yang mengemban amanah Duta SMA Bangka Belitung sangat bangga dengan pencapaiannya tahun ini, setelah 2023 lalu terpilih sebagai Parlemen Remaja DPR RI.

Atas pencapaiannya tersebut Anaura mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi pada prestasinya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar