Kemarau Masih Panjang, Waspada Cuaca Panas Hingga 40°C

Kemarau Masih Panjang, Waspada Cuaca Panas Hingga 40°C

Ilustrasi: Waspada Cuaca Panas Hingga 40°C--Lombok Post

BMKG juga memprediksi dari perhitungan sampai bulan Oktober, dimungkinkan dapat terjadi suhu udara permukaan mencapai 40 derajat Celcius. Saat ini di Jabodetabek suhu mencapai kisaran 35°c sampai 37, 5°c.

Pada kemarau kali ini, sesuai dengan prediksi, berakhirnya akan bervariasi di sebagian besar wilayah Indonesia dan tidak seragam. Tapi sebagian besar akhir Oktober musim kemarau ini akan berakhir.

"Dan secara berangsur-angsur November transisi antara kemarau ke musim hujan dengan turunnya hujan di bulan November di sebagian besar wilayah Indonesia," terang Dwikorita.

BACA JUGA:Kompak Kolaborasi, Toyota dan Suzuki Kembangkan Mobil Listrik Kecil

BACA JUGA:Hati-Hati Kartel Suku Bunga Pinjaman Online Menggila, Begini Tanggapan AFPI

Ia menambahkan dengan sudah ada awan-awan hujan maka penyinaran matahari tidak langsung ke permukaan bumi tapi terhalang oleh awan-awan hujan.

Kelembaban juga semakin meningkat sehingga suhu permukaan diprediksi akan berangsur-angsur tidak sepanas di bulan September dan Oktober 2023

Menurut Dwikorita, diprediksi bahwa musim kemarau masih akan berlanjut secara bertahap hingga pertengahan November dengan dimulainya musim hujan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: