Berapa Kali Dalam Sehari Seseorang Boleh Meminum Kopi, Ini Penjelasannya

Berapa Kali Dalam Sehari Seseorang Boleh Meminum Kopi, Ini Penjelasannya

Penjelasan Berapa Kali Dalam Sehari Seseorang Boleh Meminum Kopi--Pixabay.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia dan tersedia dalam beragam jenis. Mulai dari kopi hitam klasik atau kopi tubruk, kopi hijau, kopi luwak dan kopi putih (white coffee).

Meminum kopi ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan energi dan stamina, melancarkan metabolisme, meningkat konsentrasi, membangkitkan rasa mood serta menghilangkan rasa ngantuk.

Selain itu mengkonsumsi minuman kopi dapat menurunkan resiko terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, stroke dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Namun untuk mengkonsumsi minuman kopi dalam satu hari ada batasan atau takarannya. Sebab minum kopi secara berlebihan juga dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Luar Biasa, Ini Manfaat Minum Kopi Secara Rutin Setiap Hari, Salah Satunya Turunkan Resiko Diabetes

Melansir dari halaman HelloSehat, dalam penelitian yang dilakukan Mayo Clinic menyebutkan, bahwa batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Jumlah ini kira-kira setara dengan 4 cangkir.

Sedang untuk ibu-ibu yang menyusui batasan untuk mengkondisikan kafein maksimal 200 miligram atau setara dengan 2 cangkir kopi per hari.

Lantas, jika anda memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan tertentu seperti sakit maag, tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, epilepsi dan penyakit asam lambung di sarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein setiap hari.

Namun jika anda merasa sulit untuk berhenti minum kopi atau mengalami keluhan dan masalah kesehatan tertentu setelah minum kopi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Ngopi di Gantung, KopiKedulu Tampil Beda dengan Konsep Kekinian

Selanjutnya apa aja resiko dan efek samping jika mengonsumsi kafein dalam jumlah yang besar seperti :

Timbulnya masalah pencernaan mulai dari sakit perut, mual, muntah, dan nyeri ulu hati. Selain itu dapat menyebabkan diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung.

Selain itu dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung karena kafein pada kopi bisa menimbulkan efek samping yakni peningkatan tekanan darah dan detak jantung.

Selanjutnya meminum kopi berlebihan dapat merusak ginjal karena kopi mengandung kafein oleh sebab itu mengkonsumsi kopi harus di batasi sesuai takarannya sama satu hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: