TikTok Shop dan Tokopedia Jalin Kerjasama Strategis, Saham GOTO Naik?
TikTok Shop dan Tokopedia Jalin Kerjasama Strategis, Saham GOTO Naik?--Palpres
TikTok dan Tokopedia diminta untuk tidak menjual barang dengan harga di bawah HPP dalam negeri, sebagai langkah perlindungan terhadap UMKM produsen lokal.
BACA JUGA:Lenovo Legion 9i, Laptop Gaming Terbaru Seharga Rp 77 Juta Dengan Sistem Pendingin AI
BACA JUGA:GOTO dan TikTok Kerja Sama, Bawa Dampak Besar Naiknya Saham GOTO
6. Penjualan Produk Sendiri
Platform online, termasuk TikTok dan GoTo, dilarang menjual produk sendiri untuk menghindari diskriminasi terhadap produk lokal.
Status TikTok sebagai Social Commerce
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim, menegaskan bahwa TikTok masih memiliki izin sebagai social commerce. Aktivitas TikTok saat ini terbatas pada promosi barang tanpa fitur transaksi di dalam platform. TikTok belum mengajukan perubahan statusnya menjadi e-commerce kepada Kementerian Perdagangan.
Kemitraan Strategis TikTok dengan Tokopedia
Dalam pengumuman resmi, TikTok dan Tokopedia mengungkapkan bahwa kemitraan strategis mereka dimulai dengan membentuk afiliasi GOTO. Kedua platform digital tersebut akan berkolaborasi di bawah payung PT Tokopedia. TikTok akan memiliki kontrol atas PT Tokopedia, dan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan oleh PT Tokopedia.
Investasi TikTok dan Program Beli Lokal
TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai dukungan jangka panjang untuk operasional Tokopedia. Hal ini dilakukan tanpa adanya dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan uji coba program kampanye Beli Lokal pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Program tersebut akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama pada produk asal Indonesia.
BACA JUGA:TikTok dan GoTo Resmi Jalin Kerjasama, Saham Diprediksi Melambung Tinggi
BACA JUGA:Tiktok Shop Kembali Lagi? Rencana Mau Gandeng GoTO di Indonesia
Dengan demikian, kemitraan antara TikTok, Tokopedia, dan GOTO diharapkan dapat menjadi dorongan positif untuk pertumbuhan ekonomi digital, pemberdayaan UMKM lokal, dan memberikan pengalaman berbelanja online yang aman dan terpercaya bagi konsumen di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: