Ganjar Sebut Hak Angket Cara Terbaik Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Ganjar Sebut Hak Angket Cara Terbaik Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan penyelenggaraan Pemilu 2024 --Antaranews.com

BACA JUGA:Elektabilitas Partai Golkar Tinggi di Pemilu 2024, Pengamat: Airlangga Mampu Rangkul Kaum Milenial

BACA JUGA:Surya Paloh Bertemu Jokowi di Istana, Politisi NasDem: Terlalu Dini Bahas Koalisi

Hak angket sendiri adalah hak DPR RI untuk menyelidiki pelaksanaan suatu undang-undang atau kebijakan pemerintah yang dianggap penting, strategis, dan berdampak luas pada masyarakat, bangsa, dan negara, dan diduga melanggar peraturan perundang-undangan.

Usulan ini mendapat sambutan positif dari PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, partai politik pendukung pasangan calon nomor urut 2, seperti Partai Golkar dan Partai Demokrat, yang tergabung dalam barisan Prabowo-Gibran Rakabuming, menolak usulan tersebut.

Dalam Pemilu 2024, terdapat tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang bersaing. Yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 03.

BACA JUGA:Angsuran Ringan, Pinjaman KUR 2024 Tanpa Jaminan 50 Juta Cocok untuk Usaha Pertanian

BACA JUGA:Diskon Pembelian Mobil Listrik 2024: Pemerintah Berikan Insentif 10% Dengan Syarat Ini

Saat ini, tahapan Pemilihan Umum 2024 masih menunggu hasil penghitungan suara dari KPU RI. Berdasarkan hasil real count per Kamis pukul 23.00 WIB, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 58,89 persen.

Diiikuti pasangan Anies-Muhaimin dengan perolehan suara 24,06 persen, dan pasangan Ganjar-Mahfud berada di urutan ketiga dengan perolehan suara sebesar 17,05 persen.

Ganjar Pranowo juga mengingatkan para relawannya untuk menghormati proses yang sedang berjalan setelah pemungutan suara Pemilihan Umum 2024.

"Saya ingatkan kepada kawan-kawan, satu, jangan hoaks. Kita mesti jaga kesatuan persatuan, kita menghormati proses yang sedang berjalan sehingga suasananya bisa kondusif," ucap Ganjar.

BACA JUGA:Mau Pinjam Uang Tanpa Jaminan Cepat Cair? Solusinya Pinjaman Online BCA 2024

BACA JUGA:Perkara Korupsi Tata Niaga Timah Babel Kembali Seret 2 Orang Tersangka Baru

Dia juga mengingatkan para relawan yang ingin menyampaikan protes untuk melakukannya dengan cara yang baik. Ganjar juga mengungkapkan rasa terharu atas perjuangan para relawan tersebut.

"Oh iya, saya surprise (terkejut), bangga, ya terharu gitu. Mereka sampai hari ini mengikuti seluruh proses yang ada. Bahkan, mereka menceritakan kondisi-kondisi yang ada di lapangan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara