Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024 Berdasarkan Versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024 Berdasarkan Versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Ilustrasi: Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024--

Untuk memastikan kebenaran prediksi ini, LF PBNU akan melakukan rukyatul hilal secara serentak di 50 hingga 60 titik di seluruh Indonesia pada Ahad, 10 Maret 2024. Rukyatul hilal akan melibatkan petugas Kemenag, Pengadilan Agama, BMKG, dan masyarakat.

2. Awal Puasa Ramadaan 2024 Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah organisasi Islam kedua terbesar di Indonesia yang memiliki Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam menetapkan awal puasa Ramadan dan hari-hari besar Islam lainnya.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab untuk menentukan awal puasa Ramadan, yaitu dengan menghitung posisi bulan dan matahari berdasarkan data astronomi. 

BACA JUGA:Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin, Ini 6 Sayuran yang Aman untuk Penderita Sakit Ginjal

BACA JUGA:Resep Minuman Timun Lemon Madu Penghilang Bau Badan, Ini Cara Membuatnya

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal hakiki, yaitu dengan menganggap bahwa hilal sudah ada jika sudah terjadi konjungsi atau pertemuan antara bulan dan matahari.

Berdasarkan metode ini, Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, dalam acara pengumuman hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H pada 12 Januari 2024.

“Keputusan penetapan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode hisab wujudul hilal hakiki. Kami berharap maklumat ini dapat menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari-hari besar Islam,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Maklumat PP Muhammadiyah tentang hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

BACA JUGA:Diduga Terlibat Tindak Pidana Pemilu, Tujuh Anggota PPLN Kuala Lumpur Jadi Tersangka

BACA JUGA:Pinjaman Uang Tanpa Riba untuk Ramadan? Ini Dia 8 Aplikasi Pinjol Syariah Terbaik 2024

3. Awal Puasa Ramadan 2024 Versi Kemenag

Kemenag adalah lembaga pemerintah yang berwenang dalam mengatur urusan keagamaan di Indonesia, termasuk menetapkan awal puasa Ramadan dan hari-hari besar Islam lainnya.

Kemenag menggunakan metode rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan, yaitu dengan melihat bulan sabit secara langsung di langit setelah matahari terbenam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: