Turnamen Catur Percasi Belitung Dimulai, 102 Peserta Ikut Bertanding Rebut Juara

Turnamen Catur Percasi Belitung Dimulai,  102 Peserta Ikut Bertanding Rebut Juara

Bupati Belitung H Sahani Saleh menjalankan buah catur pertama tanda dimulainya Turnamen Catur Percasi Belitung di Restoran SW Tanjungpandan, Kamis (23/6)-Dodi Pratama-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Turnamen Catur yang digelar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Belitung resmi dimulai dan dibuka secara langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh.  

Sebanyak 102 peserta yang berasal dari kategori SD, SMP, SMA sederajat hingga umum ikut bertading rebut juara dalam turnamen catur menyambut HJKT Ke 184 bertempat di Restoran SW Tanjungpandan, Kamis (23/6).

"Turnamen ini dalam rangka membangkitkan kembali Cabor di Belitung, terutama catur. Ini juga  persiapan menghadapi Porprov dan sekaligus memperingati HJKT ke 184, jadi ada 3 momen," kata Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres.

BACA JUGA:Selain PNS, PPPK, Pimpinan dan Anggota DPRD Babel Juga Terima Gaji ke-13, Ini Besarannya

Ia berharap, turnamen catur tersebut sebagai kebangkitan kembali olahraga lainnya di Belitung. Tak hanya catur, pria yang akrab disapa Sanen juga berharap semua cabang olahraga di Belitung segera bangkit.

Sebab, kedepan Kabupaten Belitung akan ikut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Babel 2023. "Saat Covid-19 mulai mereda, kita mulai menggiatkan kembali aktivitas olahraga di Belitung. Semoga turnamen catur ini jadi awal yang baik," ucapnya.

BACA JUGA:Perawat Terbukti Bersalah, Lalai Potong Alat Kelamin Hingga Luka Permanen

Sementara itu Ketua Percasi Kabupaten Belitung Sriwana mengatakan, turnamen itu guna menjaring bibit baru dan mereka bisa mencintai catur. Selain itu, juga sebagai persiapan atlet di event Kejurda, Kejurnas serta Porprov Babel 2023.

"Kami dari Percasi Belitung mempersiakan atlet karena saat ini catur sedikit melemah. Dan saya Ketua Percasi yang baru harus menggaungkan kembali catur ini dengan cara menyelenggarakan turnamen catur," kata Sriwana.

Menurut Sriwana, Turnamen itu juga menyambut HJKT ke 184 yang dilaksanakan hingga sabtu (25/06) mendatang. Tentunya mereka sangat bangga, karena banyak peserta yang ikut dalam agenda itu. "Ternyata calon atlet Belitung kedepannya itu sangat banyak," ujarnya.

BACA JUGA:Mobil Pengangkut Uang Rp 4 Miliar BRI Kecelakaan, Tergelincir Karena Tumpahan Solar

Adapun peserta 102 orang terdiri dari 73 putra dan 29 putri. Sedangkan untuk umum dengan usia 35 tahun, hal itu guna memunculkan bibit atlet-atlet yang baru. Kedepan bibit pecatur itu akan dilakukan pembinaan guna mengharumkan nama Belitung di sejumlah event nantinya.

"Alhamdulillah pesertanya cukup banyak, dan semoga kedepan akan semakin lebih baik, serta akan lebih banyak pecatur berbakat yang nantinya kami latih sehingga memiliki prestasi," harap Sriwana.

Sriwana juga berharap, melalui turnamen catur tersebut dapat melahirkan bibit-bibit pecatur baru yang dapat mengukir berprestasi dan mengharumkan nama baik daerah melalui olahraga catur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: