Selat Nasik Bakal Jadi Sentra Baru Lada dan Karet Belitung, Lahan Luas Bebas Tambang

Selat Nasik Bakal Jadi Sentra Baru Lada dan Karet Belitung, Lahan Luas Bebas Tambang

ILUSTRASI: Selat Nasik Bakal Jadi Sentra Baru Lada dan Karet Belitung-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Kecamatan Selat Nasik direncanakan bakal jadi sentra baru produksi tanaman lada dan karet di Kabupaten Belitung.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Hamzah mengatakan, Selat Nasik akan jadi sentra lada dan karet karena alasan kondisi alamnya.

BACA JUGA:Astrada Beltim Sikapi Pembentukan Satgas Tambang Ilegal, Ini Harapan Mereka

"Daerah Selat Nasik kami persiapkan sebagai sentra produksi lada dan karet, karena kondisi alam yang cocok serta area lahan masih luas," kata Hamzah kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Hamzah melanjutkan, saat ini lokasi Kecamatan Selat Nasik sebagai sentra produksi lada dan karet yang baru sedang dipersiapkan.

BACA JUGA:Fakta-fakta Pembunuhan di Bangka Tengah Terungkap, Jamal Bunuh dan Rampok Ibunya Demi Ini

Menurut dia, pemilihan Selat Nasik sebagai lokasi perkebunan karena memiliki kondisi dan tekstur alam yang cocok untuk tanaman lada dan karet. 

Selain itu, di daerah Kecamatan Selat Nasik hingga saat ini juga aman bebas dari aktivitas tambang dan ahli fungsi lahan lainnya.

BACA JUGA:Kalah Judi, Warga Bangka Tengah Bunuh Ibu Kandung, Korban Dicabuli

"Di Kecamatan Selat Nasik sangat minim terjadinya alih fungsi lahan. Contohnya seperti dari perkebunan lada menjadi sawit atau menjadi lahan tambang," terang Hamzah.

Ia menambahkan, tren komoditi lada dan karet saat ini terus membaik. Sehingga hal itu menjadi peluang yang bagus untuk dikembangkan.

BACA JUGA:Yuk! Hadiri Belitung Expo 2022, akan Dibuka Menparekraf, Cek Jadwalnya

"Pengembangan lada dan karet juga untuk mendukung dan mendorong Program Ngayau de Mendanau. Semoga kedepan Selat Nasik menjadi daerah sentra baru produksi lada," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Selat Nasik Anwar menyambut baik rencana daerah Pulau Mendanau Selat Nasik untuk dijadikan sentral lada dan karet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: