2 Siswi SMK Negeri 1 Sijuk Ikuti PIRN XX di Nusa Tenggara Barat

2 Siswi SMK Negeri 1 Sijuk Ikuti PIRN XX di Nusa Tenggara Barat

Siswi SMK Negeri 1 Sijuk mengikuti Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN) ke XX di Nusa Tenggara Barat-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - 2 siswi SMK Negeri 1 Sijuk, Belitung yakni Retno Sutriyadi dan Kadek Prita Mardina dan 1 guru pembimbing, mengikuti kegiatan Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN) ke XX  di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Acara tersebut akan berlangsung selama sepekan. Yakni mulai tanggal 10 hingga 17 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan Kerjasama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Pemerintah Nusa Tenggara Barat. 

400 peserta terdiri 200 siswa setingkat SMP/MTs dan SMA/MA dan SMK, 100 guru pembimbing dan 100 mahasiswa. Peserta dan guru pembimbing berasal dari seluruh Indonesiam. Sedangkan peserta mahasiswa dari Provinsi NTB.

BACA JUGA:Jangan Cepat Puas, Sekda Minta ASN Pemkot Pangkalpinang Kembangkan Kompetensi

BACA JUGA:Reses Darmansyah Husein Mengatasi Pemulihan Ekonomi di Belitung Timur

Pembukaan kegiatan PIRN XX ini dilakukan oleh Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dengan ditandai pemukulan beduk di Aula Pertemuan Kantor Gubernur NTB, Senin (11/7)

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah berpesan agar peserta menjaga Kesehatan selama kegiatan berlangsung. Menurut Zulkieflimansyah ajang PIRN ini dijadikan tempat mencari dan menjalin persahabatan.

"Cari dan jalin persahabatan sebanyak mungkin, karena di PIRN ini berkumpul pemuda dan pelajar dari seluruh Indonesia," ujar Gubernur NTB.

BACA JUGA:3 Penambang di Damar Kembali Jadi Tersangka, DPO Ditjen Gakkum KLHK, Ini Kata Penasihat Hukum

BACA JUGA:Pembangunan Kampong Kecit di KEK Segera Rampung, Daniel: G20 Belitung Batal Tidak Benar

Sementara, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko meminta agar peserta siswa dan guru yang mengikuti kegiatan PIRN,  dapat memanfaatkan kesempatan untuk melatih diri.

Yakni menjadi peneliti muda yang handal dan professional. Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) merupakan kegiatan pembinaan ilmiah remaja yang telah diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 2001. 

BACA JUGA:Belitung Batal Jadi Tuan Rumah G20, Pj Gubernur Tunggu Keputusan Final

Saat ini LIPI telah terintegrasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan PIRN berganti nama menjadi Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: