Dandim 0414/Belitung: Jadikan Media Sosial Sebagai 'Alutsista' Bingkai NKRI

Dandim 0414/Belitung: Jadikan Media Sosial Sebagai 'Alutsista' Bingkai NKRI

Komunikasi sosial (Komsos) dengan instansi, Pemda Belitung serta Ormas di Kabupaten Belitung, bertempat di Aula Makodim 0414 Belitung Tanjungpandan, Kamis (21/7)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Kodim 0414/Belitung menggelar komunikasi sosial (Komsos) dengan instansi Pemda serta Ormas di Kabupaten Belitung, bertempat di Aula Makodim 0414 Belitung, Tanjungpandan, Kamis (21/7).

Kegiatan itu merupakan arahan perintah Danrem 045/Garuda Jaya, agar menyelenggarakan kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat atau komponen bangsa lainnya di wilayah masing-masing. 

Sebanyak 70 orang hadir dalam program Kerja Kodim 0414/Belitung tahun 2022 bidang teritorial. Agenda Komsos tersebut mengangkat tema "Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital. Turut hadir Bupati Belitung H Sahani Saleh dan undangan lainnya.

Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Hairil Achmad mengajak seluruh undangan untuk dapat memanfaatkan media sosial menjadi alat "Alutsista" yang mengarah kepada penanaman nilai persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

BACA JUGA:Peringatan HAN 2022 di Beltim, Purwenda: Jangan Berikan PR Terlalu Banyak ke Siswa

Pasalnya itu merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat untuk mengisi pembangunan nasional dengan memberikan kontribusi informasi positif lewat teknologi informasi dan komunikasi melalui media sosial.

Saat ini tidak ada yang bisa membatasi masyatakat menggunakan media sosial. Sebab media itu sangat dekat dengan masyatakat dan mudah digunakan. "Kami di internal Kodim sudah menyampaikan ke anggota kami, penggunaan media sosial itu betul-betul disaring," kata Hairil Achmad.

Menurut Dandim, apabila memang ada suatu permasalahan tidak perlu ditampilkan di media sosial. Apalagi sifatnya akan menimbulkan masalah terhadap anggota kodim ataupun pasukan kodim itu sendiri.

BACA JUGA:Usai Kunker ke BPBLB, Harianto Minta Pemprov Babel Tingkatkan Budidaya Ikan Laut

"Saya minta jangan ditampilkan di medsos kalau itu bisa menimbulkan masalah. Karena sudah kita ketahui bersama kalau ditampilan di media sosial  bisa dengan cepat diketahui oleh masyarakat ramai," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sisi positif media sosial itu juga ada. Yakni untuk mempercepat komunikasi dan memperoleh informasi yang mungkin perlu untuk ditindaklanjuti, sehingga jika ada informasi yang memerlukan tugas Kodim. 

"Maka apabila memerlukan tugas Kodim, kami akan dengan segera melaksanakan langkah-langkah guna meminimalisir terhadap dampak keamanan dilingkungan keamanan masyarakat itu sendiri," tukasnya.

BACA JUGA:Beliadi Apresiasi Bebak Institute, Siapkan Program Tabungan Pohon Balsa

Oleh karena itu, Dandim berharap setelah pertemuan ini agar masyarakat di wilayah Kabupaten Belitung bisa bijaksana menggunkan media sosial. Sehingga harus bisa menyaring dan menfilter mana berita hoax serta berita yang belum ada titik kejelasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: