DPRD Akan Panggil Pj Gubernur, Soal Rencana Stop Ekspor Timah Babel

DPRD Akan Panggil Pj Gubernur, Soal Rencana Stop Ekspor Timah Babel

Ketua DPRD Babel, H Herman Suhadi--

Perjuangkan Status Internasional Bandara H.AS Hanandjoeddin 

Sementara terkait info penghapusan status internasional bandara H.AS Hanandjoeddin, DPRD Babel sudah bertolak ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mereka meminta agar status internasional itu tetap dipertahankan.

"Wacana ini evaluasi 5 tahun sekali untuk seluruh bandara se-Indonesia. Tapi kami berharap status bandara di Belitung tetap dipertahankan menjadi bandara internasional," pintanya.

Herman menyebutkan, sepinya penerbangan internasional di Belitung akhir-akhir ini bukan tanpa sebab. Pandemi yang melanda seluruh dunia menjadi penyebab utama menurunnya trafik penerbangan.

BACA JUGA:Pemkab Akan Buka Kembali Rute Penerbangan Internasional di Bandara Belitung, Peminat Wisman Cukup Tinggi

BACA JUGA:DPRD Babel Perjuangkan Status Bandara HA.S Hanandjoeddin Belitung Tetap Internasional

“Sepinya trafik bandara harusnya tidak menjadi alasan utama Kemenhub menurunkan status dari bandara internasional menjadi domestik. Sebab kita tahu bersama tahun lalu itu pandemi Covid-19," tegasnya.

Sekjen PDI Perjuangan Babel ini menilai dalam perjalanannya sebagai bandara internasional, Bandara H.AS Hanandjoeddin juga beberapa kali melayani rute internasional. Meskipun memang tidak setiap hari, tetapi beberapa negara juga menjadi tujuan penerbangan dari Belitung.

“Ya harus dipahami pandemi dua tahun itu membuat maskapai tidak terbang lagi. Akan tetapi informasi yang kami dapat dari kawan-kawan anggota DPRD di Belitung, paling tidak sebulan dua kali itu ada private jet dari Malaysia yang isinya wisatawan dagang ke Belitung,” jelasnya.

Dengan aktifnya rute penerbangan ke luar negeri saat ini, Herman berharap status internasional di Belitung tetap dipertahankan.

Apalagi, Belitung saat ini sudah ditetapkan sebagai wilayah Geopark dunia, bahkan baru-baru ini menjadi tuan rumah perhelatan G20.

BACA JUGA:Hellyana Berikan Dukungan, Status Internasional Bandara H.AS Hanandjoeddin Harus Dipertahankan

BACA JUGA:Sekda Belitung: Bandara H.AS Hanandjoeddin Masih Berstatus Internasional, Belum Ada Surat...

“Beberapa maskapai juga sudah mulai merencanakan penerbangan luar negeri lagi,” sebutnya.

Herman menambahkan, dari informasi bahwa yang akan melakukan evaluasi ini adalah Kemenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: