Pola Asuh dan Konsumsi Makanan Instan Sumber Kasus Stunting di Babel

Pola Asuh dan Konsumsi Makanan Instan Sumber Kasus Stunting di Babel

Diseminasi Studi Kasus dan Pembelajaran Baik Stunting digelar BKKBN perwakilan Provinsi Bangka Belitung di Hotel Cordella Pangkalpinang-Ist-

Keempat, Melakukan skrining bagi Balita yang stunting dengan keaktifan petugas  posyandu melakukan monitoring kerumah Ibu yang memiliki Balita Stunting.  Kelima, memberikan Bantuan Tepat Sasaran untuk Balita yang Stunting dengan program KKS (kartu keluarga sejahtera). 

Dan, keenam, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar membuat perencanaan penyusunan upaya strategi dalam percepatan penurunan stunting secara menyeluruh. 

Pada policy brief kedua, salah satu tim penyusun Gita Fajriyanti mengungkapkan, bahwa agar program Dashat dapat berjalan optimal selain sosialisasi, perlu dilakukan bimbingan teknis terpadu terkait teori dan implementasi program Dashat.

Implementasi itu dengan mengundang semua OPD terkait, PLKB,TPK dan kader agar semua pihak yang terlibat mendapatkan informasi dan pengetahuan yang sama sehingga dapat dicapai persamaan persepsi dan pemahaman tentang konsep program Dashat. 

Selain itu perlu implementasi Program Dashat dengan sistem terpadu lintas sektoral untuk Penguatan Sinergitas antar OPD dan perlu dilakukan monitoring dan evaluasi berkala untuk program Dashat, agar pelaksanaan Dashat dapat dilaksanakan maksimal. 

"Secara sosial ekonomi masyarakat di Provinsi Bangka Belitung cukup sejahtera, namun rata-rata budaya mengkonsumsi makanan sehat pada anak-anak masih rendah karena banyaknya makanan instan yang tersedia," terangnya.

Untuk itu perlu dilakukan pelatihan dan bimbingan kepada wanita usia subur, ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita tentang cara berinovasi dan berkreasi dalam pengolahan makanan berbahan pangan lokal yg cukup banyak tersedia seperti olahan makanan hasil laut.

BACA JUGA:HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung Bagikan Bantuan kepada Anak Asuh Stunting

"Sehingga dapat menyajikan makanan yang menarik bagi anak dan memenuhi kebutuhan gizi serta menu yang beragam setiap harinya," bebernya.

Ketua Tim Penyusun Policy Brief yang juga merupakan anggota Forum Rektor, Taufik Kurrohman mengatakan, bahwa hasil kajian ini akan digunakan sebagai rekomendasi penyusunan kebijakan terkait penanganan stunting pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Sekaligus sebagai promosi kegiatan Dashat di Kabupaten dan Kota agar didukung oleh pemerintah daerah," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: