Tersangka Tipikor Masjid Asrama Haji Babel Mulai 'Bernyanyi', Tak Ingin Sendiri

Tersangka Tipikor Masjid Asrama Haji Babel Mulai 'Bernyanyi', Tak Ingin Sendiri

Andira, selaku Penasehat Hukum dari Kantor Hukum Berry Andira & Partner--

Demikian juga dengan adanya penambahan pekerjaan oleh pihak kontraktor berupa pemasangan helical pile. Guna mengatasi kemiringan konstruksi yang terjadi itu. 

BACA JUGA:Dishub Belitung Edukasi Pengendara dengan Penertiban dan Pengawasan Kendaraan Bermotor

Helical pile sendiri merupakan fondasi tiang berulir  atau fondasi tiang baja yang memiliki beberapa ulir (helix) dalam satu tiang. Dimana helix berfungsi untuk menambah daya dukung fondasi tiang. Fondasi jenis ini biasa digunakan pada struktur menara (tower) dan mercusuar.

“Pekerjaan helical pile itu tidak ada sangkut paut dengan DED ataupun perencanaan yang dibuat oleh klien. Itu murni inisiatif di luar konsultan.  Bagi klien kami selaku konsultan  terkait keberadaan helical pile itu bukan justeru mengatasi masalah kemiringan malah menjadi beban konstruksi itu sendiri,” sebut Bei.

Kata Bei pada dasarnya pemasangan helical pile  tidak sesuai dengan rancangan awal. Dimana pada kaki kolom dipasang sloof beton keliling, hal ini bisa menambah berat konstruksi padahal di dalam perencanaan tidak ada sloof keliling. 

Pada pengecoran balok dan plat lantai tidak menyatu tapi menggunakan pelapis bondex (diatas balok) sehingga menambah dimensi semakin berat dan juga kontruksi balok dan plat tidak menyatu sehingga mengurangi kekakuan/rigit konstruksi secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Kodim 0414/Belitung Lakukan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

"Kemungkinan ke dalam pondasi berbeda dengan dengan hasil desain awal, sebab desain awal tinggi kolom dari atas balok sampai dasar pondasi adalah 4,50 meter sedangkan yang di visual foto kelihatan lebih pendek, ini bisa di buktikan dengan mengukur tinggi kolom dan kedalaman pondasi di lapangan apakah sudah sesuai dengan desain awal,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: