Harga TBS Petani di Babel Menguat, Ini Harga Terbarunya

Harga TBS Petani di Babel Menguat, Ini Harga Terbarunya

Ilustrasi: Harga TBS Petani di Provinsi Babel terus menguat dan kini sentuh Rp2.000 per Kg--Jawapos.com

BACA JUGA:BPOM Musnahkan Obat Sirup yang Tercemar EG dan DEG, Ini Daftarnya

Dia menambahkann, kemudian faktor yang ikut mempengaruihi kenaikan harga juga karena semakin banyaknya pabrik kelapa sawit sehingga harga menjadi kompetitif.

Karena itu, Fikri menyakini harga TBS tersebut akan terus menanjak. Meski perlahan ia optimis harga TBS tidak lagi turun pada angka yang terendah.

“Karena patokan kita harga CPO pada pelabuhan terakhir. Pelabuhan terakhir kita ada di Dumai Provinsi Riau. Kemudian sebagaimana kita ketahui harga TBS di pabrik untuk petani non mitra pun saat ini semuanya sudah di atas Rp 2.000 per kilogramnya,” terangnya.

Menjawab pertanyaan terkait masih rendahnya harga TBS di Pulau Belitung menurut Fikri karena jumlah pabrik kelapa sawit di daerah itu tidak terlalu banyak sehingga harga beli tidak kompetitif.

BACA JUGA:Dua Perusahaan Pemasok Bahan Baku Obat Terseret Kasus Gagal Ginjal Akut

Untuk diketahui data yang dirilis Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menerangkan untuk Kabupaten Belitung dan Belitung Timur TBS Kelapa Sawit masih dihargai Rp 1.411 dan Rp 1.475 per Kg.

“Selain jumlah pabrik yang tidak banyak, kemudian faktor lain yang menjadi penyebab rendahnya harga TBS juga bisa jadi lokasi kebun petani yang jauh atau pengepul menggunakan jasa tengkulak untuk membeli TBS petani sehingga selisih harga menjadi sangat jauh dari harga yang telah dipatok pabrik,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelpos.id