DKUKMPTK Belitung Siapkan 2 Bazar UMKM Jelang Akhir 2022

DKUKMPTK Belitung Siapkan 2 Bazar UMKM Jelang Akhir 2022

Kepala Bidang Koperasi dan UKM DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung siapkan dua bazar UMKM menjelang akhir tahun 2022.

Dua bazar yang disiapkan DKUKMPTK Belitung, digelar dengan menggunakan dari dana insentif  daerah (DID) kinerja yang merupakan dana dari pemerintah pusat.

Pertama, bazar di pusat jajanan Sriwijaya (Pujaya) di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan, persisnya depan geleri KUMKM Belitung mulai Kamis (24/11) hingga Minggu (27/11).

Kedua, bazar Word Ocean Assessment Expo 2022 bertempat di halaman museum Maritim Desa Sijuk kecamatan Sijuk yang digelar pada 12 hingga 15 Desember mendatang.

BACA JUGA:Bazar Belitung Kreatif 1 2022 Catatkan Transaksi Rp 800 Juta, Pengujung Capai 15 Ribu

Kepala Bidang Koperasi dan UKM DKUKMPTK Belitung Budi Swasta mengatakan, mereka siap menggelar dua bazar itu jelang akhir tahun 2022 ini.

Untuk pelaksanaan kedua bazar sudah mendapat rekomendasi Bupati Belitung, serta surat pemberitahuan ke Kapolres juga telah dilayangkan.

"Bulan November ini bazar digelar Pujaya. Kami  menyediakan 40 tenda kerucut milik dinas yang memuat 60 UMKM kuliner," kata Budi Swasta kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Menurut Budi Swasta, ada beberapa klaster yang mereka sediakan. Seperti kluster mie atau bakso, kluster jajanan Korea dan Jepang, kluster coffee dan minuman kekinian, kluster jajanan kekinian serta kluster makanan Nusantara. 

BACA JUGA:DKUKMPTK Belitung Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM

"Peserta nanti dengan sistem seleksi undangan dari panitia berdasarkan kluster kuliner tematik," beber Budi Swasta.

Budi menambahkan, bazar itu bisa menjadi wadah bagi UMKM kuliner pemula Belitung, yang tidak kebagian di bazar-bazar sebelumnya. 

"Kita berikan wadah bagi mereka yang tidak dapat tempat di bazar sebelumnya, intinya kita ingin membangkitkan kembali ekonomi pelaku UMKM Belitung," ujar Budi. 

Selain itu, lanjut Budi, bazar Pujaya itu sekaligus mensosialisasikan bahwa di lahan tersebut (eks SMEP) akan dibangun foodcourt sebagai pusat jajanan modern pada tahun 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: