Stok Jagung di Belitung Cukup Untuk Malam Pergantian Tahun Baru

Stok Jagung di Belitung Cukup Untuk Malam Pergantian Tahun Baru

Ilustrasi Jagung--Radar Bali

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Persediaan atau stok Jagung dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan malam pergantian tahun baru 2023 di Kabupaten Belitung.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung mencatat seluas 24,6 hektar lahan ditanami jagung guna memenuhi kebutuhan malam pergantian tahun baru tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Tenny Meireni.

Kata dia, petani di kabupaten Belitung telah menanam jagung, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada malam pergantian tahun baru mendatang.

BACA JUGA:Pencemaran Sungai Akibat Maraknya Penambangan Timah, DLH Belitung: Semoga Tahun 2022 Menurun

"Tanam jagung itu, di bulan September ada 6,1 hektar dan Oktober ada 18,5 hektar, jadi total 24,6 hektar," kata Tenny Meireni kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Menurut Tenny, 24,6 hektar itu tersebar di semua kecamatan di kabupaten Belitung kecuali di Selat Nasik. Namun tahun ini terluas di kecamatan Membalong, biasanya di Tanjungpandan.

Tenny melanjutkan, dari 24,6 hektar itu diperkirakan hasil panen mancapai 246 ton. "Kalau asumsi rata-rata per ha 10 ton, perkiraan ada sekitar 246 ton hasil panen jagung nanti," jelasnya.

Tenny memperkirakan, hasil panen itu dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Belitung, pada malam pergantian tahun nanti.

BACA JUGA:Samad: Terima Kasih Kemenkeu Mengajar 7 Belitung di SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan

"Kalau untuk masyarakat Belitung, insyallah cukup jika kita bandingkan tahun kemarin sudah lebih, tapi perlu dilihat juga karena tahun kemarin masih pandemi jadi mungkin kebutuhan sedikit beda," bebernya.

Kemudian Tenny juga menambahkan, saat ini hama yang sering ditakutkan oleh patani jagung yakni hewan kera, serta ulat grayak.

Guna mengantisipasi serangan hama itu, pihaknya menyarankan berbagai alternatif, guna mengusir atau membasmi hama tersebut.

BACA JUGA:Belitung Geopark Trail Run Digelar Minggu Ini, Dukung Sport Tourism dan Promosi Geosite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: