Anggaran Pendidikan 2023 Capai Rp 612 Triliun, Fokus Perbaiki Kualitas SDM

Anggaran Pendidikan 2023 Capai Rp 612 Triliun, Fokus Perbaiki Kualitas SDM

Ilustrasi: Anggaran pendidikan 2023--Jawapos.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Anggaran pendidikan tahun 2023 mencapai Rp 612 triliun fokus untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kalau kita lihat anggaran pendidikan Rp612 triliun sendiri untuk memperbaiki kualitas SDM," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, dilansir dari disway.id, Sabtu (3/12).

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan fokus melakukan investasi di bidang SDM dengan anggaran pendidikan Rp 612 triliun tersebut.

Kata dia, Kementerian keuangan menyatakan dukungannya terhadap reformasi pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

BACA JUGA:Peringati Hari Bakti PU 2022, DPUPR Belitung Kerja Bakti di Sepanjang Sungai Siburik

BACA JUGA:106 Pelamar PPPK Guru Pangkalpinang Dinyatakan Lulus Administrasi

"Saya mendukung reformasi yang dilakukan Kemendikbud. Di mana, industri bisa jadi tempat sekolah bagi para siswa," ujar Menteri Sri Mulyani.

Selain pendidikan, ia mengatakan pemerintah juga menggelontorkan anggaran Rp 45,8 triliun untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada 2023. Dana itu melonjak dua kali lipat dibanding tahun 2022 ini.

Menurut Sri Mulyani anggaran itu akan digunakan untuk pemberian subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) atau program UMKM.

BACA JUGA:Tuntut Keadilan, Gadis Belitung Melahirkan Anak di Luar Nikah dengan Polisi, Tes DNA 99 Persen Positif

BACA JUGA:Ingkari Janji, Polisi Belitung Dilaporkan ke Propam, Bripda DN Hamili Bunga Hingga Melahirkan

"Tahun depan program UMKM dinaikkan lagi jadi Rp45,8 triliun karena target KUR akan dinaikan lagi di atas Rp 400 triliun, sehingga subsidi bunga KUR yang tadinya hanya Rp20 Triliun akan melonjak mendekati Rp 45 triliun," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: