Antisipasi Aksi Jambret, LKBH Belitung: Pemda Harus Tambah Lampu Penerangan

Antisipasi Aksi Jambret, LKBH Belitung: Pemda Harus Tambah Lampu Penerangan

Wanita bernama Dea (29) saat membuat laporan aduan dugaan jambret di Polsek Tanjungpandan, Selasa (3/1)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Praktisi hukum dari Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Kabupaten Belitung Marihot Tua Silitonga, ikut menyoroti dugaan aksi jambret yang terjadi wilayah Tanjungpandan.

Untuk mengantisipasi aksi jambret atau pencurian dengan kekerasan (Curas), dia menyarankan Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung menambah lampu penerangan di sepanjang Jalan A Yani Tanjungpandan.

Pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan di lokasi kejadian. Pasalnya, kurang dari sepekan sudah ada dua percobaan dugaan kasus jambret.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengacara ini mengungkapkan, dirinya sudah membaca adanya berita tentang percobaan penjambretan di seputaran Jalan A Yani Kelurahan Lesung Batang itu.

BACA JUGA:Awal 2023 Polsek Tanjungpandan Terima 2 Laporan Dugaan Jambret, Incar Wanita Pengendara Motor

BACA JUGA:Aksi Dugaan Jambret Kembali Terjadi di Tanjungpandan, Wanita Ini Lapor Polisi

Dalam waktu kurang dari tiga hari sudah ada dua kasus percobaan curas. Pertama Minggu (1/1) lalu, dengan korban atas nama Resti. Dia mengalami kejadian di sekitar lapangan bola Jalan A Yani.

Kejadian kedua hari Selasa (3/1) dini hari. Korbannya atas nama Dea. Untuk lokasinya pun sama, yaitu di kawasan Jalan A Yani, Tanjungpandan. Namun lokasinya tak jauh dari Kantor Pemda Belitung.

"Untuk sekelas Belitung, kurang dari seminggu ada dua kasus percobaan curas, itu menandakan kriminalitas sangat tinggi," kata Marihot Tua Silitonga kepada Belitong Ekspres, Rabu (4/1) Kemarin.

Oleh karena itu, sejumlah instansi dan aparat hukum harus bekerja keras dalam mengatasi permasalahan tersebut. Polres Belitung harus meningkatkan kegiatan patroli, khususnya pada malam hari.

BACA JUGA:Awas Aksi Jambret! Polsek Tanjungpandan Lakukan Penyelidikan, Wanita Hati-Hati Pulang Sendiri Malam Hari

BACA JUGA:Posting Kabar Jambret di Facebook, Resti Diperiksa Penyidik Polsek Tanjungpandan

"Untuk Pemda Belitung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung harus membuat lampu jalan di lokasi. Mengingat kawasan tersebut, cukup gelap pada malam hari," ungkapnya.

Marihot sapaan akrabnya menjelaskan, aksi kriminalitas disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah masalah ekonomi. Sebab saat ini hampir semua kebutuhan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: