DPUPR Akan Bangun JPO Pertama di Belitung, Sebagai Ikon Wisata

DPUPR Akan Bangun JPO Pertama di Belitung, Sebagai Ikon Wisata

Kepala DPUPR Kabupaten Belitung, Edi Usdianto--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Belitung akan membangun jembatan penyebrangan orang (JPO) pertama di Belitung.

Pembangunan jembatan penyebrangan orang (JPO) yang direncanakan akan dibangun di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan atau tepat di depan Galeri KUKM Belitung menelan anggaran Rp1 miliar.

"Jadi JPO itu menghubungkan Galeri KUKM Belitung dengan kawasan food court, pembangunan akan dilaksanakan tahun ini," kata Kepala DPUPR Kabupaten Belitung, Edi Usdianto kepada Belitong Ekspres, Senin (16/1/2023).

Menurut Edi, mereka telah membuat Detail Engineering Design (DED) tahun 2022. Memang pembangunan JPO tersebut sangat dibutuhkan untuk memfasilitasi masyarakat pejalan kaki menyeberang.

BACA JUGA:IPB University Riset UKICIS Pariwisata di Pulau Belitung, Terjunkan 30 Tim Peneliti

BACA JUGA:Bisnis Narkoba, Wakil Rakyat di Desa Ini Diringkus Polisi 

Sebab, arus lalu lintas di kawasan Jalan Sriwijaya Tanjungpandan sudah cukup ramai dan padat. Sehingga pembangunan jembatan penyebrangan orang dinilai penting demi keselamatan. 

"Teknisnya nanti kita akan koordinasi dengan pembangunan food court itu, biar jembatan penyebrangan orang dan food court bisa sinkron bangunannya," jelas Edu sapaan Edi Usdianto.

Ia menjelaskan, motif JPO itu akan menghadirkan warna pelangi, ada logo geopark, logo Pemkab Belitung. JPO dibuat semenarik mungkin dan menjadi ikon wisata di Belitung.

"Tinggi bangunan JPO mencapai 7,6 meter dan lebar 23 meter. Ini satu-satunya JPO di Belitung, biar bisa menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat," terang Edu.

BACA JUGA:Nasib Pengembangan KSPN Belitung Dapat Perhatian Khusus, Pj Gubernur Babel Sepakat Dengan 3 Cara

BACA JUGA:Menparekraf: Kebijakan Strategis Imigrasi Tentukan Peningkatan di Sektor Pariwisata

Untuk nama JPO saat ini belum ada. Namun mereka akan berkoordinasi dengan Bupati Belitung Sahani Saleh nanti, guna menentukan nama yang tepat nantinya.

Edu berharap, keberadaan JPO tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat terutama mendorong meningkatkan perekonomian. "JPO ini juga akan menjadi ikon baru pariwisata Belitung, masyarakat nanti bisa foto di situ," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: