Realisasi Belanja APBD Belitung 2022 Capai 89,16 Persen, Silpa Masih Tunggu Hasil Audit BPK

Realisasi Belanja APBD Belitung 2022 Capai 89,16 Persen, Silpa Masih Tunggu Hasil Audit BPK

Kepala BPKAD Kabupaten Belitung, Jayusman--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Realisasi Belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung Tahun 2022 terserap sebesar 89,16 persen.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung, mencatat Realisasi Belanja  APBD Tahun 2022 terserap sebesar 89,16 persen dari total dana Rp 1,2 triliun.

"Realisasi belanja kita, (APBD 2022) terserap mencapai 89,16 persen dari total dana Rp1.204.839.136.683," kata Kepala BPKAD Kabupaten Belitung, Jayusman saat ditemui Belitong Ekspres, Rabu (25/1/2023).

Menurut Jayusman, penyerapan belanja APBD Belitung cukup maksimal, karena hampir tidak ada kendala yang ditemui sampai 30 Desember 2022. "Itu dikuatkan dari trend realisasi anggaran yang masih stabil pada setiap tahun," ujarnya.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Fraksi PDI Perjuangan Belitung Minta Pohon Rawan Tumbang Segera Ditebang

BACA JUGA:Jaksa Masuk Sekolah SMAN 1 Tanjungpandan, Kejari Belitung Berikan Penyuluhan Hukum

Ia menerangkan, untuk sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) sementara masih menunggu hasil audit dari BPK. "Yang jelas, Silpa estimasi itu sudah dialokasikan untuk dibelanjakan kembali pada APBD 2023," terang Jayusman.

Maka dari itu, Jayusman berharap, agar organisasi perangkat daerah (OPD) segera menyelesaikan tahapan pelaksanaan penyusunan laporan keuangan. Itu sebagai bahan konsolidasi laporan keuangan Pemkab Belitung Tahun 2022.

"Batas waktunya, maksimal tanggal 10 Februari 2023. Sehingga laporan keuangan saat ini sedang dalam proses penyusunan," sebut Jayusman.

BACA JUGA:AT Nekat Karena Hutang Koperasi, Janda Muda Curi Perhiasan Emas 5 Pelajar di Tanjungpandan

BACA JUGA:Pemkab Belitung MoU Dengan UNY, Kerja Sama Tunjang Pembangunan Melalui Sektor Pendidikan

Dia menambahkan, setelah OPD menyerahkan laporan tersebut, lalu BPKAD Belitung akan mulai menyusun laporan dari tanggal 10 februari sampai 31 Maret 2023 mendatang. 

"Mudahan-mudahan nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung WTP kembali nanti," tandas Jayusman 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: