Sambut Mudik Lebaran 2023, Pelindo Tanjungpandan Siapkan Fasilitas Terminal Penumpang, Berikut Jadwal Kapal

Sambut Mudik Lebaran 2023, Pelindo Tanjungpandan Siapkan Fasilitas Terminal Penumpang, Berikut Jadwal Kapal

General Manager PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan Ferrial Dunan Sidabutar saat meninjau fasilitas pendukung terminal penumpang Pelabuhan Laskar Pelangi, Jumat (31/3/2023)--

TANJUNGPANDAN,  BELITONGEKSPRES.CO.ID – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) (Persero) Regional 2 Tanjungpandan melakukan persiapan untuk memastikan terminal penumpang beserta fasilitas pendukungnya berfungsi dengan baik.

Persiapan terminal penumpang beserta fasilitas di Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjungpandan guna mendukung kelancaran mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 masehi.

General Manager Pelindo Regional 2 Tanjungpandan, Ferrial Dunan Sidabutar mengatakan, bahwa tahun sebelumnya capaian arus penumpang pada masa mudik lebaran 2022 sekitar 12 ribu penumpang yang melewati Pelabuhan Laskar Pelangi.

Lalu, mereka memprediksi pada mudik lebaran 2023 adanya kenaikan sebesar 10 persen menjadi sekitar 13 ribu penumpang. Oleh karena itu, memastikan sejumlah fasilitas dapat siap untuk digunakan.

“Diantaranya ruang tunggu penumpang, ruang laktasi, mushola, toilet, tempat parkir kendaraan dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik,” kata Ferrial Dunan Sidabutar kepada Belitong Ekspres, Jumat (31/3/2023.

BACA JUGA:Suganda Pandapotan Pasaribu Pj Gubernur Babel, Ini Profilnya

Menurut Ferrial, terminal penumpang Laskar Pelangi melayani Kapal KM Express Bahari 3E dengan trayek Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung – Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka. Jadwal pelayanan hari Senin dan Jumat per minggu (2 kali/minggu).

Untuk Kapal Roro Tujuan Jakarta dengan pelayaran seminggu 3 kali dan Roro tujuan Pangkalbalam dengan pelayaran seminggu 1 kali. Namun tidak menutup kemungkinan apabila permintaan naik.

“Seperti pada musim mudik lebaran tahun 2023 nanti, pihak operator kapal bisa menambah jadwal pelayanan pada H-7 sampai dengan H+7 masa lebaran menjadi setiap hari pelayanan pulang pergi sebanyak 7 kali dalam minggu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selain mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, mereka juga memastikan untuk pelayanan kapal dan barang pada masa mudik lebaran akan tetap berjalan seperti biasa.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi ketersediaan barang-barang strategis yang dibutuhkan bagi masyarakat di Pulau Belitung,” sebut Ferrial.

BACA JUGA:Horee.. Pemprov Babel Siapkan Rp 50 Miliar untuk THR 2023, Ini Waktu Pencairannya

Kemudian, mereka juga menyediakan fasilitas command center, sebagai pusat untuk pengendalian operasi container, non-container (multipurpose), dan pelayanan kapal.

Selain itu posko lebaran akan disiapkan dilingkungan pelabuhan bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait guna menjamin kelancaran kegiatan pelabuhan di masa perayaan lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: