RSUD Belitung Telah Siapkan Ruang Perawatan Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024

RSUD Belitung Telah Siapkan Ruang Perawatan Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024

Ilustrasi: RSUD Belitung siapkan ruang perawatan bagi Caleg yang mengalami depresi pasca Pemilu 2024--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - RSUD dr H Marsidi Judono, Tanjungpandan, Belitung siap menangani pasien Calon Legislatif (Caleg) yang mengalami depresi akibat gagal di Pemilu 2024.

Menurut Direktur RSUD dr H Marsidi Judono, dr Ratih Lestari Utami, rumah sakit Belitung telah menyiapkan fasilitas ruang rawat inap khusus pasien Caleg yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Kami sudah menyiapkan ruangan untuk mereka. Ada 2 ruang gaduh gelisah dengan kapasitas 1 bed per ruang dan 4 ruang tengah dengan kapasitas 8 bed per ruang,” ujar dr Ratih saat dihubungi Belitong Ekspres, Minggu 18 Februari 2024.

Dia menyatakan, tidak ada perbedaan perlakuan antara pasien Caleg yang mengalami stres pasca Pemilu 2024 dengan pasien jiwa lainnya.

BACA JUGA:Quick Count Pileg DPR RI 2024 Dapil Babel, Politisi Gerindra Dipastikan Lolos ke Senayan

BACA JUGA:Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024 di Belitung: Prabowo-Gibran Unggul Jauh

“Di RSUD tidak ada perlakuan khusus. Semua pasien jiwa mendapatkan pelayanan yang sama, sesuai dengan standar medis,” kata dr Ratih.

Pihak RSUD dr Marsidi Judono juga menyiapkan satu dokter spesialis jiwa, yaitu dr Ngestituti P Sp.KJ, yang siap memberikan layanan kesehatan jiwa kepada pasien.

Ia menambahkan, ciri-ciri orang yang mengalami gangguan mental psikologis antara lain adalah perubahan mood, pikiran, dan perilaku yang berisiko membahayakan diri sendiri atau orang lain.

“Hingga saat ini, belum ada laporan adanya caleg yang dirawat inap atau rawat jalan di RSUD dr Marsidi Judono karena gangguan kejiwaan,” tutup dr Ratih.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Korupsi Timah di Babel Terus Bertambah, Kini Sudah 10 Orang

BACA JUGA:Syarat dan Kriteria UMKM yang Bisa Dapat Pinjaman KUR BRI 2024

Tips Mengatasi Stres Gagal Pemilu

Stres merupakan respons dari fisik dan mental kita ketika mengalami tekanan atau tantangan. Stres bisa merusak kesehatan tubuh dan jiwa kita, apalagi jika kita tidak mengatasinya dengan benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: