Persiapan Kedatangan KRI Dewaruci, Pemkab Beltim Lakukan Rapat Koordinasi

Persiapan Kedatangan KRI Dewaruci, Pemkab Beltim Lakukan Rapat Koordinasi

Papat koordinasi persiapan kedatangan KRI Dewaruci ke Kabupaten Beltim pada 8-11 Juni 2024 mendatang-ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) kembali menggelar rapat koordinasi persiapan kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang akan datang pada 8-11 Juni 2024 mendatang. 

Rapat koordinasi Persiapan Kedatangan KRI Dewaruci ini dipimpin oleh Khaidir Lutfi, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Beltim, dan berlangsung di ruang rapat Bupati Beltim pada Rabu, 8 Mei 2024.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Muharromi dari Sekretariat Wakil Presiden, serta Yusmawati sebagai ketua tim Muhibah Jalur Rempah, bersama dengan berbagai pihak terkait lainnya.

Yusmawati menjelaskan bahwa pelayaran ini merupakan bagian dari program "Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024" yang bertujuan untuk mengangkat khazanah budaya bertema "Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu". 

BACA JUGA:Modus Operandi Komplotan Pelaku Pencurian Sejumlah TKP di Beltim, Ini Dia Barang yang Dicuri

BACA JUGA:Buruan! Ada Lowongan Kerja Terbaru di BPJS Kesehatan 2024

Pelayaran ini akan menyusuri berbagai titik jalur rempah di Indonesia, dimulai dari Jakarta, kemudian ke Beltim, Dumai, Sabang, Malaka, Tanjung Uban, Lampung, dan kembali lagi ke Jakarta.

Menurut Yusmawati, melalui MBJR ini dapat menghubungkan titik perdagangan rempah dan mempererat ikatan budaya antar wilayah di Indonesia.

"Oleh karena itulah, Pemerintah Indonesia mengajukan jalur rempah sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO pada tahun 2024 ini," kata Yusmawati dikutip dari rilis Diskominfo SP Beltim.

Khaidir Lutfi, Asisten II Pemkab Beltim, menyampaikan apresiasi atas Kabupaten Beltim yang ditunjuk sebagai salah satu daerah yang dilewati rute Muhibah Pelayaran KRI Dewaruci. Menurutnya, Kabupaten Beltim memiliki sejarah yang kaya sebagai salah satu alur penting pelayaran sejarah rempah di dunia.

Hendri, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Beltim, menjelaskan bahwa kedatangan KRI Dewaruci di Beltim akan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengamati dan menyusuri kapal latih TNI Angkatan Laut RI ini, sambil menikmati berbagai cagar budaya dan kekayaan alam yang ada di daerah tersebut.

BACA JUGA:Daftar Jurusan Kuliah yang Katanya Gampang Cari Kerja, Cek di Sini!

BACA JUGA:Bocoran Fitur Terbaru Update iOS 18, Bikin iPhone Kamu Tak Tertandingi!

Dengan demikian, rapat koordinasi ini diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka menyukseskan kedatangan KRI Dewaruci, yang akan membawa dampak positif bagi pariwisata Kabupaten Beltim. (ver)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo sp beltim