Karena Prestasi, Impian Atlet Beltim Kuliah di STKIP Pasundan Terwujud

Karena Prestasi, Impian Atlet Beltim Kuliah di STKIP Pasundan Terwujud

Joliansyah saat mengikuti Kejuaraan Atletik Jateng Open Senior Tingkat Nasional 2022-Ist-

“Sangat bersyukur sekali dan senang bisa mendapatkan bantuan beasiswa dari KONI. Dengan adanya beasiswa ini, saya biasa melanjutkan pendidikan di STKIP Pasundan Cimahi, untuk mencapai masa depan saya,” tutupnya.

Beasiswa untuk 8 Atlet Berprestasi

KONI Beltim dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi setiap tahunnya memberikan total 40 beasiswa bagi atlet berprestasi di Kabupaten Beltim. Tahun 2022 ini, hanya 8 atlet berprestasi yang menerima beasiswa tersebut.

Para penerima atlet yang menerima beasiswa terdiri dari tiga orang dari Cabang Olahraga (Cabor) Atletik, dua orang Cabor Karate, satu orang Cabor Menembak, dan satu orang dari Cabor Panahan. Sedikitnya jumlah penerima beasiswa yang masih jauh dari kuota.

BACA JUGA:Warga Mesuji Lampung Diringkus Satres Narkoba Polres Beltim Karena Sabu-sabu

Ketua Umum KONI Beltim Kamarudin menjelaskan, itu lantaran masih banyak yang berada di Bangku SMA. Namun tahun-tahun selanjutnya Dia berharap akan lebih banyak lagi atlet berprestasi yang akan menerima beasiswa.

“Mudah-mudahan ke depan semangkin banyak atlit-atlit yang berprestasi di Kabupaten Beltim karena kuota kita belum mencukupi sebanyak 40 yang diberikan STKIP dalam  satu tahun,” harap Toyo sapaan akrabnya.

BACA JUGA:838 Peserta Lulus SBMPTN UBB, Registrasi Ulang Hingga 4 Juli 2022

Toyo menjelaskan, program beasiswa atlet berprestasi ini hanya diperuntukkan untuk atlet berprestasi dan masuk sebagai atlet unggulan KONI Beltim. Bukan hanya kuliah gratis, para atlet juga akan menerima uang saku Rp 600 ribu per bulan.

“Ini karena kita sudah MoU dengan STKIP Pasundan. Beasiswa sampai selesai S1. Tanpa dipungut bayaran, gratis total bahkan diberikan uang saku di perguruan tinggi tersebut 600 ribu per bulan,” katanya.

Kata Toyo, meski sangat membantu untuk meningkatkan prestasi atlet, Program Beasiswa ini tidak membebankan anggaran baik dari APBD Pemkab Beltim maupun Hibah KONI Beltim. 

Oleh karena itu, dia ingin akan semakin banyak putra putri daerah, khususnya atlet berprestasi Kabupaten Beltim yang akan terbantu dengan program ini.

“Dalam hal ini kita tidak menggunakan dana kita atau dana pemerintah daerah tapi murni gratis total. Ini suatu terobosan yag luar biasa, mudah-mudahan akan semakin banyak yang ikut dalam program ini,” tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: