Selama OPM 2022 Nihil Laka Lantas Belitung, Pelanggaran Naik 20 Persen

Selama OPM 2022 Nihil Laka Lantas Belitung, Pelanggaran Naik 20 Persen

Jajaran Satlantas Polres Belitung saat memberikan stiker himbauan keselamatan berlalu lintas dalam OPM 2022-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Selama dua pekan Operasi Patuh Menumbing (OPM) 2022 tercatat tidak ada kejadian alias nihil kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Kabupaten Belitung 

"Hari ini sudah pelaksanaan OPM 2022 di Belitung sudah berakhir. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, nihil Laka Lantas," kata Kasatlantas Polres Belitung Iptu Tommy Franata, kepada Belitong Ekspres, Senin (27/6).

BACA JUGA:Manusia Makan Babi Sudah Biasa, di Magelang Babi Makan 2 Warga, Mengenaskan! Belitung Gimana?

Dia menjelaskan, dalam operasi tersebut berjalan mulai Senin (13/6) hingga Minggu  (26/6). Meskipun angka kecelakaan nihil, namun pelanggaran lalu lintas di Belitung mengalami kenaikan sebesar 20 persen.

Pada OPM 2022, Satlantas Polres Belitung mencatat ada 697 pelanggaran. Yakni tilang sebanyak 421 dan teguran sebanyak 276. Lalu untuk kecelakaan lalu lintas nihil.

BACA JUGA:Isak Tangis Penyesalan Pembunuh Ibu Kandung di Bangka Tengah, Sopyan: Jamal Tetap Adik Saya

Sedangkan tahun 2021 lalu, tercatat ada sebanyak 591 pelanggaran. Ratusan pelanggaran tersebut meliputi 373 tilang dan 219 teguran. Sedangkan kecelakaan lalu lintas ada tiga perkara. "Tahun ini masih seperti tahun-tahun sebelumnya, pelanggar lalu lintas lebih didominasi oleh pengendara roda dua atau sepeda motor," jelasnya.

"Pengendara bermotor mayoritas melanggar tidak menggunakan helem, serta kendaraan tidak sesuai dengan standar. Seperti spion tidak dipasang dan sebagainya," sambungnya.

BACA JUGA:Rendra Basri Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak, Agar Masyarakat Sungailiat Lebih Cerdas

Iptu Tommy mengungkapkan, naiknya angka pelanggaran lalu lintas di Belitung disebabkan mobilitas masyarakat. Pengendara lebih banyak keluar dibandingkan tahun sebelumnya yang masih pandemi Covid-19.

"Turunnya angka kecelakaan lalu lintas juga tidak terlepas dari peran dari anggotanya, yang terus mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA:Selat Nasik Bakal Jadi Sentra Baru Lada dan Karet Belitung, Lahan Luas Bebas Tambang

Ia menambahkan, pada OPM 2022 jajaran Satlantas Polres Belitung juga sudah melakukan sosialisasi tentang electronic traffic law enforcement (ETLE) dan masalah sandal jepit pada saat berkendara.

"Saat sosialisasi tentang sandal jepit, respon masyarakat Belitung cukup positif. Dalam hal ini polisi tidak melakukan tindakan tilang, melainkan hanya himbauan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: