Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Pemasaran Produk Melalui Marketplace

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Pemasaran Produk Melalui Marketplace

Foto bersama usai sosialisasi cara pemasaran produk secara online melalui Marketplace untuk pelaku UMKM di Kantor Desa Juru Seberang, Senin (8/8).-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sosialisasikan cara pasarkan produk secara online melalui Marketplace bagi pelaku UMKM di Desa Juru Seberang,  Senin (8/8) kemarin.

Pasalnya, setelah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Pulau Belitung, menyebabkan berubahnya pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online.  

Maka dari itu, Mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun 2022, Siti Sarah Doviant mendorong agar marketplace online itu bisa diketahui oleh masyarakat, terutama di desa tempat mereka melaksanakan KKN  tersebut.

BACA JUGA:Santunan Kecelakaan Lion Air yang Diselewengkan Petinggi ACT Bertambah, Jadi Rp 107,3 Miliar

"UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun, banyak para pelaku UMKM belum paham mengenai cara menjual produk melalui marketplace online seperti, Shopee dan lain-lainnya," kata Siti Sarah Doviant kepada Belitong Ekspres.

Menurut Siti, mengadakan sosialisasi digitalisasi UMKM dengan mengajarkan cara pemasaran produk melalui marketplace (Shopee) terhadap para pelaku UMKM untuk mendukung kemajuan UMKM di Desa Juru Seberang. Sosialisasi dilakukan di Kantor Desa Juru Seberang. 

"Saya rasa sosialisasi ini penting untuk disebarluaskan, sehingga masyarakat lebih paham dan bisa melaksanakan," kata mahasiswa jurusan Informatika itu.

BACA JUGA:Museum Maritim Belitung Bakal Dikunjungi Delegasi G20, Ajang Promosi Wisata Bahari

Siti melanjutkan, dalam sosialisasi itu, ia memaparkan sejumlah materi mengenai tata cara membuka toko, pentingnya profil toko yang dapat menjadi identitas untuk membuat calon pembeli mengetahui kualitas toko serta produk yang dijual, dan juga cara memasarkan produk online di shopee. 

Selain sosialisasi, membagikan leaflet untuk memudahkan pelaku UMKM memahami materi. "Para pelaku UMKM sangat antusias. Beragam pertanyaan yang dilontarkan mengenai tata cara berjualan online melalui marketplace shopee," ucap Siti.

Melalui sosialisasi itu, Siti berharap, masyarakat menjadi lebih paham mengenai cara memasarkan produk melalui marketplace dan dapat menerapkan materi yang telah disosialisasikan untuk memasarkan produk mereka.

BACA JUGA:Berkas Tersangka Pembunuh Janda Garut di Kafe Suka Hati Masih Diteliti Jaksa

"Sehingga mereka dapat adaptif dengan dunia digital dan memanfaatkan secara maksimal keberadaan marketplace seperti Shopee untuk membuat pemasaran produk dapat lebih dikenal serta meningkatkan keuntungan bagi pelaku bisnis dan UMKM," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Juru Seberang Adriansyah mengatakan, mereka selaku Pemerintah Desa bersyukur serta berterima kasih kepada  rekan-rekan mahasiswa Undip telah memberikan atau menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat Desa Juru Seberang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: