Peringatan HUT ke-77, Jajaran TNI di Belitung Gelar Upacara Ziarah Nasional

Peringatan HUT ke-77, Jajaran TNI di Belitung Gelar Upacara Ziarah Nasional

Upacara Ziarah Nasional peringatan HUT ke-77 TNI di TMP Ksatria Tumbang Ganti, Selasa (4/10)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Belitung menggelar Upacara Ziarah Nasional Peringatan HUT ke-77 TNI pada tanggal 5 Oktober 2022.

Upacara Ziarah Nasional Peringatan HUT ke-77 TNI dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Tumbang Ganti Jalan Jenderal Sudirman, Perawas, Tanjungpandan Selasa (4/10).

Komandan Kodim (Dandim) 0414 Belitung Letkol Inf Hairil Achmad, bertindak sebagai Inspektur Upacara Ziarah Nasional tersebut. Upacara gabungan ini diikuti jajaran TNI Kodim 0414/Belitung, Lanud H.AS Hanandjoeddin, Pos TNI AL dan Minvedcad Belitung.

Peringatan HUT TNI tahun ini  mengusung tema "TNI Adalah Kita, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang". Untuk Pejabat upacara Perwira upacara Pj Pasi Ter Kodim Kapten Arh Eddy Santoso , Komandan Upacara Pj Pasi Ops Kodim Lettu Arm Benny Simorangkir.

BACA JUGA:Kodim 0414/Belitung Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di HKM Seberang Bersatu, Peringati HUT ke-77 TNI

Hadir pasukan upacara Barisan Korsik dari Satpol PP Belitung, Kelompok Pamen TNI, Kelompok Pama 1 Peleton Gabungan Personel Kodim Belitung dan Pos Lanal Tanjungpandan 1 Peleton Personel Lanud H.AS Hanandjoeddin, Gabungan PNS TNI, Barisan Pengurus Persit KCK Cabang  XLI Kodim 0414 Belitung, dan Barisan Pengurus Pia Ardhya Garini Lanud H.AS Hanandjoeddin. 

Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Hairil Achmad mengatakan, rangkaian kegiatan Upacara Ziarah Nasional yaitu pelaksanaan upacara dilanjutkan tabur bunga di Makam Pahlawan diikuti oleh semua pamen, pama dan tamu undangan lainnya.

"Ini dalam rangka HUT ke-77 TNI Tahun 2022 bertujuan untuk mengenang jasa Para Pahlawan yang gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, dan sebagai bentuk penghargaan kepada Para Pahlawan," kata Letkol Inf Hairil Achmad.

BACA JUGA:HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung Tanam Pohon Penghijauan di Kampong Reklamasi

Ia memaparkan, tujuan mereka melaksanakan ziarah guna menghargai dan mengenang arwah Pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Sebab kemerdekaan itu tidak mudah direbut, namun dengan mengorbankan tetesan darah, harta, air mata bahkan nyawa.

"Jadi kita yang hidup digenerasi tinggal meneruskan perjuangan mereka serta mempertahankan kemerdekaan, kalau bukan kita siapa lagi yg menghargai mereka," tegas Letkol Inf Hairil Achmad.

BACA JUGA:HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung Bagikan Bantuan kepada Anak Asuh Stunting

Hairil Achmad juga bersyukur, ziarah yang diikuti ratusan peserta dilaksanakan dengan khidmat, tertib dan aman. Dia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang dilakukan rutin setiap tahun. 

"Ziarah dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur. Sebagai penerus dan pewaris kemerdekaan ini haruslah bersyukur dan melanjutkan perjuangan para pahlawan apa yang telah di berikan kepada negeri ini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: