HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung Tanam Pohon Penghijauan di Kampong Reklamasi

HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung Tanam Pohon Penghijauan di Kampong Reklamasi

Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad bersama Bupati Beltim Burhanudin melakukan penanaman pohon penghijauan di Kampong Reklamasi PT Timah Desa Selinsing, Senin (3/10)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, GANTUNG - Memperingati HUT ke-77 TNI, Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad bersama Bupati Beltim Burhanudin melakukan penanaman pohon penghijauan di Kampong Reklamasi PT Timah Desa Selinsing, Senin (3/10) kemarin. 

Selain di Kampong Reklamasi PT Timah Desa Selinsing Kecamatan Gantung, penanaman pohon penghijauan juga serentak dilakukan di dua lokasi lainnya, yakni di Kabupaten Belitung dan Bangka Barat (Babar).

Adapun pohon penghijauan yang ditanam di Kampong Reklamasi PT Timah Desa Selinsing adalah Jambu Mente, Cemara dan Durian.  Luas lahan yang dimanfaatkan sebagai lokasi penghijauan mencapai 1 hektar lahan eks tambang.

Selain penanaman pohon penghijauan, Dandim 0414/Belitung dan Bupati Beltim juga melakukan tebar bibit ikan di dalam kerambah dan eks kulong tambang timah yang berada di Kampung Reklamasi tersebut.

BACA JUGA:Dari Belitung Menuju Jawa, SMAN 1 Manggar Studi Tur Buka Wawasan Siswa

BACA JUGA:Operasi Zebra Menumbing 2022 Dimulai, Polres Beltim Prioritaskan Dikmas Lantas

Diwawancarai awak media, Dandim 0414/ Belitung Letkol Inf Hairil Achmad mengatakan, kegiatan penghijauan merupakan rangkaian kegiatan dari HUT  ke-77 TNI Tahun 2022. Tujuannya untuk menghijaukan lahan-lahan kritis yang kering dan tandus agar wilayah Bangka Belitung menjadi tanah hijau kembali.

Selain itu, penanaman pohon akan menjadikan tanah subur karena ada beberapa wilayah yang mungkin oleh BPDAS termasuk daerah kritis karena tandus dan sudah kehilangan pohon-pohon.

"Yang mungkin sebelumnya tanah hijau untuk dipulihkan kembali menjadi tanah-tanah yang potensial yang hijau sehingga menjadi tanah yang bermanfaat untuk kegiatan masyarakat yang ada di sekitar Bangka Belitung," kata Dandim 0414/ Belitung.

Dandim menambahkan penanaman pohon di Kampong Reklamasi diawali dengan luasan 1 hektar dan dimungkinkan berlanjut sesuai dengan program dari Danrem di wilayah yang perlu ditanami.

BACA JUGA: Peredaran Minol Tak Terkontrol, 3 Tahun Terakhir DKUKMPTK Belitung Tidak Pernah Terima Laporan Penjualan

"Kita akan melanjutkan kembali yang ada di wilayah Belitung Timur dan di wilayah Belitung dan di wilayah Kodim Belitung," kata Letkol Inf Hairil Achmad. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: