SMAN 1 Manggar Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian, Hadirkan Dosen UPI Bandung

SMAN 1 Manggar Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian, Hadirkan Dosen UPI Bandung

Foto bersama Bupati Beltim Burhanudin dengan narasumber Dr. Syaifullah dari UPI bandung beserta guru PPKn SMP/MTS dan SMA/SMK se-kabupaten Beltim -Ist-

“Yah yang hadir diruangan ini, khususnya para siswa saya yakin masuk dalam generasi Z. Generasi yang memiliki ambisi besar untuk sukses, berperilaku instan, cinta kebebasan, percaya diri,  suka hal detail, ingin mendapatkan pengetahuan, dan menguasai teknologi digital serta informasi," kata Syaifullah. 

Karakteristik tersebut membuat generasi ini sangat membutuhkan pendidikan nilai kedamaian yang dapat diaktualisasikan dalam diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara. 

"Mengapa nilai-nilai perdamaian ini penting? Tentunya tidak lain untuk mewujudkan suasana damai, berkontribusi dalam mengatasi konflik, serta bekal dalam menghadapi tantangan di kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara yang semakin kuat," bebernya.

BACA JUGA:Bupati Beltim Berikan Bonus Laptop untuk Indra Ramadhan, Peraih Emas OSN 2022

BACA JUGA:OSN 2022, Indra Ramadhan Catatkan Sejarah Emas untuk Babel

Salah satu peserta FGD, Ade Rio Pratama mengungkapkan bahwa FGD ini benar-benar membuka wawasannya terkait tentang nilai-nilai perdamaian. Kata Ade FGD ini sangat menarik dan membuat ia dan teman-teman yang lain terbuka wawasannya tentang nilai-nilai perdamaian. 

"Hal ini tentunya dapat memberikan kami pengetahuan  baru serta bekal untuk aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih untuk SMAN 1 Manggar atas suguhan ini. Terimakasih pula kepada pak Syaifullah dan pak Burhanudin atas materi yang sangat luar biasa ini," sebut Ade. 

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin mengaku senang kegiatan ini dapat berlangsung lancar. Sabarudin mengucapkan syukur program kerjasama kami dengan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dapat berlangsung lancar. 

"Sekedar informasi bahwa kami sudah lama menunggu program ini dapat terlaksana karena pada dasarnya kita butuh penguatan dalam pendidikan kedamaian ini," ucap Sabarudin. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Gelar IHT, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penting untuk Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:Dari Belitung Menuju Jawa, SMAN 1 Manggar Studi Tur Buka Wawasan Siswa

Kemudian ia juga mengucapkan terimakasih kepada para narasumber yang telah membagikan ilmunya. "Saya atas nama pribadi dan SMAN 1 Manggar mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan pak Syaifullah atas suguhan materi yang luar biasa tersebut. Saya rasa kita semua para guru dan siswa memang sangat membutuhkan materi tersebut," ujarnya. 

"Tidak hanya itu, saya juga mengucapkan terimakasih undagan yang telah hadir baik guru PPKn se Beltim ataupun perwakilan siswa. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan impact jangka panjangnya adalah aktualisasi nilai-nilai perdamaian dapat terus dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara," pungkas Sabarudin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar