Pengunjung Pantai Wisata Tanjungpendam 2022 Capai 436.700 Orang, PAD Melebihi Target

Pengunjung Pantai Wisata Tanjungpendam 2022 Capai 436.700 Orang, PAD Melebihi Target

Suasana menjelang matahari terbenam di Pantai Wisata Tanjungpendam, Kota Tanjungpandan, Belitung.--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Pantai wisata yang berada di Pusat Kota Tanjungpandan masih menjadi daya tarik masyarakat lokal ataupun luar Pulau Belitung.

Betapa tidak, sepanjang tahun 2022 Pantai Wisata Tanjungpendam, Kota Tanjungpandan, Belitung dikunjungi sebanyak 436.700 orang.

"Jumlah kunjungan sepanjang tahun 2022 436.700 orang," kata Adyatama Kepariwisataan Muda/Kasi Pengembangan Destinasi Alam Budaya dan Buatan, Dinas Pariwisata Belitung Alex Suryadi kepada Belitong Ekspres, Rabu (11/1/2023).

Menurut Alex, target pendapatan asli daerah (PAD) dari Pantai Wisata Tanjungpendam untuk 2022 mencapai Rp 1,3 miliar dan melebih dari target yang ditetapkan Rp 1 miliar.

BACA JUGA:Desa Terkaya di Belitung Siapkan Sejumlah Program Unggulan, Sektor Pariwisata Salah Satunya

BACA JUGA:Festival Pesona Garumedang 23, Sarana Edukasi Anak Mencintai Keindahan Warisan Geologi Dunia

"Itu totalnya sebesar Rp 1,310,100,000, itu berdasarkan tiket masuk Rp 3 ribu per orang dan alhamdulillah target tercapai lebih dari Rp 1 miliar," jelas Alex.

Ia memaparkan, tingginya pengunjung Pantai Wisata Tanjungpendam itu biasanya ketika ada event seperti bazar dan lainnya. Sedangkan kalau hari-hari biasa itu pengunjung banyak pada hari sabtu atau minggu.

Tentunya, ia juga bersyukur pemerintah telah melonggarkan peraturan selama pandemi Covid-19, sehingga mereka bisa mencapai target kunjungan itu. "Mulai bulan 7, bulan 8 itu banyak pengunjung dan musim lebaran juga banyak pengunjung," bebernya.

Sementara pada malam pergantian tahun 2023 jumlah pengunjung di Pantai Wisata Tanjungpendam memang tidak terlalu banyak, yakni hanya sekitar 5 ribuan orang. 

BACA JUGA:Bunker Peninggalan Belanda Abad ke 19 Ada di Kabupaten Muba, Panjang Capai 100 Meter

BACA JUGA:Nasib Pengembangan KSPN Belitung Dapat Perhatian Khusus, Pj Gubernur Babel Sepakat Dengan 3 Cara

Hal itu disebabkan titik malam pergantian tahun di Kabupaten Belitung sudah terbagi beberapa titik. Seperti di Bundaran Satam, Gedung Nasional dan lain-lainnya. "Kami sudah antisipasi, tapi tidak begitu ramai karena sudah terbagi ke beberapa titik," ujarnya.

Alex juga menerangkan, taman bermain anak di kawasan Tanjungpendam juga sudah diperbaiki, sehingga guna menambah kenyamanan pengunjung berwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: