DLH Belitung Antisipasi Timbulan Sampah Jelang Lebaran di Pasar Tanjungpandan

DLH Belitung Antisipasi Timbulan Sampah Jelang Lebaran di Pasar Tanjungpandan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Yasa.--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung mengantisipasi peningkatan timbulan sampah di Pasar Tanjungpandan menjelang Hari Raya Idul 1444 Hijriah.

Sebagai upaya mengantisipasi peningkatan timbulan sampah di kawasan Pasar Tanjungpandan, DLH Belitung akan menurunkan semua tim petugas kebersihan.

Menurut Kepala DLH Kabupaten Belitung Yasa, antispasi sudah dilakukan semenjak satu minggu lalu, yakni setelah adanya pasar musiman di Pasar Tanjungpandan.

"Jadi sistem kita mulai piket lagi di Pasar Tanjungpandan itu, yakni setiap sore sekitar 8 hingga 9 orang dan setiap pagi juga," kata Yasa kepada Belitong Ekspres.

Karena itu, Yasa mengharapkan, kedisiplinan para pedagang di pasar sangat diharapkan. Sehingga tidak menyebabkan timbunan sampah yang berserakan atau tidak pada tempatnya.

BACA JUGA:Belum Dapat THR, Pekerja di Belitung Diminta ke Posko Pengaduan

BACA JUGA:Dishub Belitung Dirikan Posko Angkutan Lebaran 2023, Sebagai Pusat Layanan Informasi Terpadu

"Kalau dulu kan motor tosa kita bisa masuk, sekarang agak susah karena sudah ramai yang berjualan, jadi mohon kerja samanya," pinta Yasa.

Kemudian, pada malam hari raya Idul Fitri, mereka akan turun bersama-sama melakukan pembersihan di Pasar Tanjungpandan. Setiap 8 jam sekali ada petugas yang berada di sana.

"Petugas kita stanbay di sana, pengakutan sampah akan lebih banyak dibanding biasanya," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini pengangkutan sampah dari Pasar Tanjungpandan masih normal. Namun ia memprediksi H-7 itu jumlah timbulan sampah akan meningkat. Peningkatan itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melandai.

Untuk itu, jumlah pengangkutan sampah akan ditambah lebih banyak dari hari biasanya.

"Kalau sekarang pengakutan truk satu kali dan kontainer pagi dan sore, tapi nanti bisa lebih bahkan kalau lebaran bisa 5 kali bahkan lebih untuk pengangkutan," terangnya.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkab Belitung Salurkan Bantuan Cadangan Beras 8.393 KPM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: