Gerhana Matahari Hibrid Terjadi Jelang Lebaran, di Bangka Belitung Dapat Disaksikan di Waktu Ini

Gerhana Matahari Hibrid Terjadi Jelang Lebaran, di Bangka Belitung Dapat Disaksikan di Waktu Ini

Penampakan gerhana hibrid --BMKG

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Fenomena alam langka gerhana matahari hibrid atau dikenal gerhana cincin sebagian akan terjadi menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Gerhana matahari hibrid atau gerhana cincin sebagian ini juga bisa disaksikan oleh masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Berdasarkan pengumuman Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) fenomena astronomi gerhana matahari hibrid akan terjadi tepatnya pada 20 April 2023. 

Mengutip penjelasan di Twitter resmi BMKG, gerhana matahari hibrid adalah fenomena gerhana matahari yang terjadi ketika bulan yang berada di antara bumi dan matahari tidak sepenuhnya menutupi matahari. 

BACA JUGA:Tuntaskan Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen PPPK dan CPNS Guru 2023, 600.000 Kouta Tersedia

BACA JUGA:ASN Bisa Kerja Dari Mana Saja, Simak Aturan Perpres Nomor 21 Tahun 2023

Sehingga terlihat seperti cincin api di sekeliling bulan yang menutupi sebagian matahari. Fenomena ini sangat jarang terjadi dan hanya dapat dilihat dari daerah yang terbatas di bumi. 

"Kondisi terjadinya gerhana matahari hibrid atau cincin tergantung pada ukuran, jarak, dan posisi bulan dan matahari saat gerhana terjadi," demikian penjelasan BMKG.

Apa itu Gerhana Matahari Hibrid?

Gerhana Matahari Hibrid merupakan peristiwa Gerhana Matahari Total dan Cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena. Peristiwa Gerhana Matahari Hibrid relatif jarang terjadi dan cukup langka.

walaupun demikian, posisi pengamat juga memperngaruhi besar magtudo gerhana yang akan teramati, jadi pengataman kedua gerhana tidak dapat dilakukan secara bersamaan dan di lokasi yang sama. 

BACA JUGA:Tahun Ini Ada Pawai Takbir Keliling di Belitung, Catat Rutenya

BACA JUGA:4 Kapal Layani Pemudik di Pelabuhan Tanjungpandan, Ada Tujuan Tanjung Priok

Gerhana matahari hibrid, atau juga dikenal sebagai gerhana cincin-sebagian, terjadi ketika Bulan berada dalam posisi yang tepat untuk menutupi sebagian besar Matahari, tetapi tidak sepenuhnya menutupinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: